Jangan Salah, 14 Sayuran Ini Sebenarnya Buah

Ketimun, tomat, dan paprika adalah sayuran. Anda yakin? Coba pikirkan lagi.
Renat Sofie Andriani | 27 Juni 2018 12:56 WIB
Tomat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkan Anda berdebat dengan orang terdekat dalam membedakan jika ketimun dan tomat seharusnya masuk kategori buah atau sayuran?

Tak hanya ketimun dan tomat, ada banyak tanaman yang hingga kini terus diperdebatkan untuk masuk dalam kategori sayuran atau buah-buahan. Sebagian orang mungkin keukeuh jika tomat adalah sayuran.

Tapi dilihat dari sudut pandang botani, buah mengandung biji-bijian yang mengacu pada struktur benih tanaman berbunga. Buah-buahan biasanya memiliki daging buah dan berwarna menarik.

Sementara itu menurut kamus Merriam-Webster, apa pun yang tumbuh pada tanaman dan merupakan sarana yang membuat tanaman itu mengeluarkan benihnya adalah buah.

Buah adalah bukan bagian dari tanaman itu sendiri, tetapi bagian reproduksi yang tumbuh dari tanaman. Berbeda halnya ketika kita makan sayuran dan dapat memakannya utuh atau beberapa bagiannya, seperti akar, batang, dan daun.

Jadi jelas dong jika ketimun dan tomat sebenarnya adalah contoh dari buah-buahan. Dilansir dari Business Insider, buah apa saja sih yang sering disalahkaprahkan sebagai sayuran?

Tomat

Meskipun secara teknis tomat adalah buah, namun banyak pihak yang memperlakukannya sebagai sayuran. Itu pula yang mendorong Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) untuk menyatakan pada tahun 1893 bahwa tomat harus dikenai pajak seperti sayuran lainnya.

“Secara botani, tomat adalah buah dari tumbuhan menjalar, seperti halnya ketimun, labu, kacang, dan kacang polong,” tulis Hakim Horace Gray.

“Tetapi dalam bahasa umum, semua ini adalah sayuran yang ditanam di kebun dapur, dan yang, apakah dimakan mentah atau dimasak, seperti kentang, wortel, parsnip, lobak, bit, kembang kol, kubis, seledri, dan selada, biasanya disajikan saat makan malam di, dengan, atau setelah sup, ikan, atau daging yang merupakan bagian utama dari makanan, dan tidak, seperti buah-buahan umumnya, sebagai pencuci mulut.”

Paprika

Setiap jenis paprika benar-benar terlihat seperti buah, bukan sayuran.

Labu

Siapa pun yang mengunakan labu untuk Halloween pastinya melihat bahwa labu penuh dengan biji. Labu dan jenis labu lainnya secara teknis adalah buah-buahan, bukan sayuran.

Ketimun

Seperti halnya labu, ketimun juga mengandung biji-bijian.

Kacang polong

Secara teknis, bijinyalah (polong) yang berfungsi sebagai buah karena mereka mengandung biji yang digunakan kacang polong untuk bereproduksi.

Kacang buncis

Ya, benar. Salah satu sayuran favorit Anda ini sesungguhnya tergolong buah.

Terong

Tidak hanya buah-buahan, secara teknis terong digolongkan sebagai beri.

Okra

Kaya serat, potasium, dan vitamin C, okra adalah salah satu buah yang paling bergizi.

Zaitun

Anda mungkin tidak menganggap zaitun sebagai buah, tetapi memang demikianlah zaitun. Secara khusus, zaitun dianggap sebagai buah batu, seperti persik, mangga, dan kurma.

Alpukat

Meskipun tidak tampak seperti buah, alpukat sebenarnya adalah buah beri berbiji tunggal.

Jagung

Jagung diperlakukan seperti biji-bijian dalam pertanian dan seperti sayuran di dapur. Tetapi secara ilmiah, tak satu pun dari kategori itu benar. Biji pada jagung adalah benih yang digunakan tanaman jagung untuk bereproduksi, sehingga memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai buah.

Timun Jepang

Timun Jepang (zucchini) adalah anggota keluarga labu, yang berarti seperti halnya ketimun dan labu, timun Jepang dianggap sebagai sejenis beri.

Kacang merah

Seperti halnya kacang polong, kacang merah adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan, dengan biji yang befungsi sebagai buah.

Kacang Chickpea

Contoh lainnya adalah kacang chickpea atau garbanzo. Kita biasanya tidak melihatnya di dalam biji mereka, tetapi chickpea diklasifikasikan dengan cara yang sama seperti kacang polong dan kacang merah.

 

Tag : sayur dan buah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top