Kulit Anda Sering Memar? Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda tidak menyadari mengapa tiba-tiba saja kulit Anda memar membiru, padahal merasa tidak membentur apapun?
Mia Chitra Dinisari | 24 September 2018 12:16 WIB
Kulit memar - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda tidak menyadari mengapa tiba-tiba saja kulit Anda memar membiru, padahal merasa tidak membentur apapun?

Sebenarnya, kondisi kulit yang memar membiru adalah sesuatu yang normal. Akan tetapi menjadi tidak normal jika memar yang terjadi secara berlebihan dan seringkali terjadi. Lantas apakah ini tanda Anda memiliki masalah kesehatan yang lebih serius?

Menurut timesofindia.com, ada beberapa alasan mengapa kulit Anda memar tanpa terbentur suatu benda apapun. Berikut rinciannya

Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menjadi lebih tipis dan kehilangan lapisan pelindungnya yang terbuat dari lemak yang berfungsi sebagai bantalan saat Anda menabrak sesuatu. Bahkan pembuluh darah Anda menjadi rapuh seiring bertambahnya usia, yang berarti lebih banyak memar.

Obat-obatan

Jika Anda minum obat untuk penipisan darah atau Anda minum aspirin, memar biru adalah hal yang umum. Beberapa suplemen seperti minyak ikan juga bisa berkontribusi. Bahkan beberapa steroid dapat menyebabkan sering memar. Dalam hal ini, jangan berhenti minum obat, lebih baik temui dokter Anda dan bicarakan.

Tingkat Vitamin C rendah

Sangat jarang memiliki tingkat Vitamin C yang rendah kecuali Anda sudah tua atau Anda merokok. Vitamin C sangat penting untuk penyembuhan dan tingkat rendahnya dapat menyebabkan mudah memar.

Kerusakan akibat matahari

Jika Anda sering keluar di bawah sinar matahari, Anda mungkin melihat kulit Anda memar sangat mudah. Ini terjadi karena matahari perlahan-lahan melemahkan kulit Anda dan pembuluh darah kecil di bawahnya.

Memar ini membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan tidak lembut untuk disentuh. Anda akan melihat memar ini paling sering di bagian belakang lengan dan tangan Anda.

Kelainan Gangguan darah

Gangguan darah tertentu dapat membuat darah lebih sulit membeku. Salah satu kondisi tersebut adalah hemofilia. Kondisi ini jarang terjadi tetapi dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani tepat waktu.

Tidak hanya memar, kondisi ini dapat menyebabkan masalah lain seperti pendarahan hidung, perdarahan gusi atau pendarahan berat bahkan dari luka kecil.

Normal bagi perempuan

Itu tidak adil, tetapi sayangnya itu benar. Itu karena pria memiliki kulit yang lebih tebal dan lebih banyak kolagen yang menahan pembuluh darah.

Olahraga berlebihan

Mendorong otot-otot Anda dengan bekerja lebih keras bisa menyebabkan mudah memar. Ini terjadi karena mendorong otot-otot Anda bekerja keras dapat menyebabkan air mata kecil di pembuluh darah Anda.

Alkoholik

Jika Anda minum terlalu sering, Anda cenderung mudah memar, yang mungkin juga menandakan Anda memiliki masalah hati.

Hati Anda membuat protein yang membantu darah menggumpal. Jadi jika hati Anda tidak berfungsi dengan baik dan tidak menghasilkan protein ini, Anda mungkin lebih mudah memar.

Sumber : Timesofindia.com

Tag : kulit, terluka
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top