Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Menanam Sayur Sendiri di Lahan yang Terbatas

Menanam sayur ternyata dapat dilakukan sendiri di rumah dengan lahan yang terbatas melalui metode urban farming seperti microgreen dan aquaponic. Namun, belum banyak masyarakat yang memahami proses dan caranya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Oktober 2018  |  19:37 WIB
Ilustrasi sayur mayur - Antara/Noveradika
Ilustrasi sayur mayur - Antara/Noveradika

Bisnis.com, JAKARTA – Menanam sayur ternyata dapat dilakukan sendiri di rumah dengan lahan yang terbatas melalui metode urban farming seperti microgreen dan aquaponic. Namun, belum banyak masyarakat yang memahami proses dan caranya.

Dalam kegiatan Farm to Table yang dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober hingga 4 September di Aeon Mall Serpong ini, Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) akan mengedukasi pengunjung cara menanam sayuran di rumah melalui metode urban framing.

Fajar Wiryono perwakilan dari Maporina mengatakan cara yang dapat dilakukan yaitu Microgreen. Metode ini menurutnya sangat mudah karena hanya dengan memanfaatkan satu kotak container kecil yang diisi dengan bibit microgreen yang bebas fungisida.

“Dengan cara sederhana tersebut, Anda bisa mendapatkan sayur segar serta sehat yang dapat diolah menjadi salad,” ujarnya.

Selain itu ada pula aquaponic yaitu sistem teknologi pertanian yang memanfaatkan ikan dan tanaman. Ikan akan menjadi sumber natural untuk pertumbuhan tanaman dan sebaliknya tanaman juga akan membantu memurnikan air sebagai media hidup ikan.

“Sistem aquaponic ini tidak memerlukan lahan yang besar sehingga dapat dimanfaatkan oleh customer yang ingin berkebun di rumah namun memiliki keterbatasan area tanam,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Aeon Mall bekerja sama dengan Kementerian Pertanian ini, Maporina juga menyediakan berbagai bibit tanaman sayuran seperti pak choy, slada, kenikir, mint, tomat, cabai, pare, serta bibit tanaman buah seperti rambutan, durian, jambu, jeruk, blueberry, alpukat, pete, lemon, manggis dan matoa pisang Cavendish.

Customer juga dapat berbelanja beragam sayur dan buah segar lokal yang disediakan langsung oleh para petani. Selain itu, dalam acara ini akan disajikan pula berbagai buah langka yang sudah jarang ditemukan di pasaran, seperti durian merah Kalimantan, gandaria, jamblang, jambu jamaica, alkesa, matoa, dan masih banyak lagi.

“Dengan harga buah dan sayur yang sudah sangat murah, kami memberikan lagi diskon khusus sebesar 10% untuk pemegang kartu loyalty AEON MALL, Eternity Privilege setiap berbelanja di area Farm to Table,” ujar Juanita Rustandi, Operation Senior Manager Aeon Mall BSD City.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayur dan buah
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top