Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D/Istimewa
Health

Manfaat Vitamin D dan Minyak Ikan untuk Kanker

Renat Sofie Andriani
Rabu, 14 November 2018 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda yang meyakini bahwa mengonsumsi minyak ikan dan vitamin D akan mencegah risiko berkembangnya kanker atau pun penyakit jantung bisa saja kecewa mendengar kabar ini.

Menurut sebuah studi bernama VITAL (Vitamin D and Omega-3 Trial) yang diterbitkan di New England Journal of Medicine dan dipresentasikan dalam American Heart Association Scientific Sessions tahun ini, para peneliti menemukan bahwa manfaat sebenarnya dari dua suplemen ini tidak terlihat hebat.

Studi yang dilakukan terhadap hampir 26.000 orang dewasa bertubuh sehat yang dipantau selama sekitar lima tahun menemukan bahwa suplementasi dengan vitamin D atau pun minyak ikan tidak menurunkan diagnosis kanker atau kasus kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan menggunakan plasebo.

Seperti dilansir dari People, dalam studi ini, para partisipan, yang terdiri dari pria berusia 50 tahun ke atas dan wanita berusia 55 tahun ke atas, mengonsumsi vitamin D 2.000 IU dan 1 gram asam lemak omega-3 per hari.

Namun, tidak semua dalam studi itu memberi kabar buruk untuk vitamin D dan minyak ikan. Pada partisipan yang mengonsumsi suplemen vitamin D setidaknya selama dua tahun, peneliti menemukan kemungkinan 25% lebih rendah kematian akibat kanker.

Meski tidak mengurangi tingkat semua permasalahan jantung yang serius, minyak ikan tampaknya menurunkan peluang seseorang terkena serangan jantung, khususnya. Penurunan ini bahkan lebih tinggi pada orang yang tidak mendapatkan banyak ikan dalam makanan mereka dan pada orang Afrika-Amerika.

“Jika temuan ini dikonfirmasi dan direplikasi, mungkin menunjukkan ke pendekatan yang sangat menjanjikan untuk mengurangi risiko koroner di antara orang Afrika-Amerika,” jelas salah penulis studi itu JoAnn Manson, MD, DrPH, dalam sebuah pernyataan.

“Kami berencana memantau partisipan-partisipan ini selama beberapa tahun ke depan untuk melihat apakah indikasi ini menguat.”

Apa yang disebut ‘titik akhir sekunder’ dalam dunia ilmiah ini perlu diteliti lebih cermat dalam studi yang dirancang khusus untuk mendapatkan perincian lebih lanjut dan harus ditafsirkan dengan "hati-hati”, menurut editorial yang diterbitkan bersama studi itu.

Manson dan rekan-rekan penulisnya menuturkan rencana untuk menerbitkan lebih banyak hasil yang memeriksakan bagaimana suplemen dapat memengaruhi gangguan autoimun, diabetes, kognitif, dan kondisi spesifik lainnya.

Para peneliti menunjukkan bahwa tidak ada efek samping serius dalam penelitian ini, yang artinya kemungkinan tidak ada risiko besar dalam terus mengonsumsi vitamin D atau minyak ikan jika Anda sudah melakukannya. Kendati demikian, para ahli memperingatkan agar tidak mengonsumsi dosis tinggi untuk hampir semua suplemen.

Terlepas dari hal tersebut, vitamin D masih penting dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Tapi perlu diingat bahwa apa yang diklasifikasikan sebagai level vitamin D yang “memadai” atau “kekurangan” masih diperdebatkan.

Sementara itu, pastikan Anda makan makanan yang seimbang dan bergizi, banyak berolahraga, serta menjaga berat badan untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Jika Anda merokok, berhentilah mulai dari sekarang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro