5 Cara Untuk Move On dari Patah Hati

Semua manusia pernah terluka, terlepas dia masih anak-anak, remaja, maupun dewasa. Dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami sakit emosional yang menyakitkan perasaan.
Tika Anggreni Purba | 13 Januari 2019 13:13 WIB
Ilustrasi - Dumblittleman

Bisnis.com, JAKARTA—Semua manusia pernah terluka, terlepas dia masih anak-anak, remaja, maupun dewasa. Dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami sakit emosional yang menyakitkan perasaan.

Penyebab patah hati bisa beragam, mulai dari kehilangan, perpisahaan, masalah keuangan, dan sebagaunya. Persoalannya, melepaskan rasa sakit hati atau patah hati tidak semudah mengucapkannya. Kita mungkin menyalahkan keadaan, kenyataan, atau orang-orang yang melukai kita.

Akan tetapi, menyimpan rasa sakit hati terlalu lama juga tidak baik bagi kehidupan Anda, khususnya bagi kesehatan mental. Untuk menerima kebahagiaan baru dalam hidup, kita harus berani melepaskan sakit hati dan move on!

Berikut ini 5 cara melepaskan sakit hati danmove on dilansir Psychcentral:

1. Buat keputusan untuk melepaskannya

Perasaan gundah dan sakit hati tidak hilang dengan sendirinya, tetapi dibutuhkan usaha untuk melepaskannya. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menerima keadaan dan mengambil keputusan untuk melepaskan perasaan sakit di masa lalu.

2. Ekspresikan patah hati

Apabila Anda merasa sakit hati, jangan dipendam. Sebaiknya, ekspresikan rasa sakit itu secara langsung. Entah dengan mengatakan langsung pada orangnya, atau menceritakan sakit hati Anda pada orang yang bisa dipercaya. Kalau Anda belum memiliki orang yang bisa dipercaya, Anda bisa mencurahkan isi hati dengan menulis di buku harian.

3. Berhenti bersikap sebagai korban dan menyalahkan orang lain

Terkadang kita merasa begitu aman dengan posisi kita sebagai korban karena orang lain bersimpati kepada kita. Tetapi sebenarnya, tidak semua orang peduli dengan masalah Anda. Karena itu, berhentilah bersikap sebagai korban seolah Anda orang yang paling menyedihkan di muka bumi ini. Hal tersebut hanya akan membuat Anda selalu memikirkan hal yang buruk dan negatif mengenai hidup Anda.

4. Fokus pada masa kini

Setelah melakukan ketiga hal di atas, kini saatnya untuk melepaskan masa lalu dan hidup kembali untuk hari ini. Berhentilah menceritakan kisah sakit hati Anda di masa lalu. Belajarlah untuk fokus pada apa yang ada di hadapan Anda saat ini. Ketika Anda sibuk untuk memikirkan masa kini, Anda tak akan memiliki waktu lagi untuk memikirkan kisah masa lalu.

5.  Maafkan mereka dan maafkan dirimu sendiri

Kita mungkin tidak dapat melupakan perilaku buruk orang lain, tetapi sebenarnya kita bisa melupakannya dengan cara memaafkannya. Seringkali luka emosional yang kita miliki membuat kita ingin menghukum orang lain dengan tidak memaafkannya, padahal hal itu hanya membuat kita semakin sakit.

Untuk melepas sakit hati dan move on,Anda perlu memaafkan. Ketika memaafkan, Anda tidak melakukannya untuk orang lain, tetapi untuk diri sendiri.

 

Tag : patah hati
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top