Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beban Kerja Banyak? Begini Cara Mengaturnya dengan Efektif

Dalam pekerjaan tertentu, kita bisa saja diliputi kesibukan yang seolah tiada henti. Bekerja seolah menghabiskan begitu banyak energi karena beban kerja yang berat dan tak kunjung selesai. Apakah Anda tipikal pekerja yang memiliki banyak beban kerja?
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 24 Januari 2019  |  15:12 WIB
Ilustrasi - Vandivergroup
Ilustrasi - Vandivergroup

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam pekerjaan tertentu, kita bisa saja diliputi kesibukan yang seolah tiada henti. Bekerja seolah menghabiskan begitu banyak energi karena beban kerja yang berat dan tak kunjung selesai. Apakah Anda tipikal pekerja yang memiliki banyak beban kerja?

Pekerja yang harus mengerjakan begitu banyak tugas dan tanggung jawab umumnya sering merasa kewalahan. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan hidup.

Bagaimana mengelola banyaknya beban kerja agar tak membuat Anda kewalahan? Berikut ini beberapa tip dilansir Life Hack:

1. Akui Anda tidak bisa melakukan segalanya sekaligus

Manusia cenderung berpikir dia mampu melakukan segala sesuatunya lebih dari kapasitas dan kemampuannya. Itulah sebabnya kita sering kali sulit untuk menolak tanggung jawab yang baru. Tentu mengejar kesempatan boleh-boleh saja, tetapi tidak dengan memaksa diri. Ketika dihadapkan pada banyak tugas, Anda perlu mengakui bahwa tidak semua pekerjaan bisa Anda tanggung dan kerjakan.

2. Fokus pada keunikan Anda

Terlepas Anda adalah seorang pengusaha, bos, atau pekerja biasa, setiap orang memiliki keunikannya sendiri. Sayangnya banyak orang yang tidak mampu mengenali kekuatannya sehingga berakhir dengan mengerjakan bagian lain yang sebetulnya dia tidak mampu.

Dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan, Anda perlu fokus pada pekerjaan yang paling mampu Anda kerjakan. Selama Anda masih memaksakan diri pada pekerjaan yang tidak sesuai kapasitas, pasti kewalahan.

3. Gunakan kekuatan tim

Apabila Anda bekerja dalam tim, jangan bekerja sendirian. Gunakan kerja sama tim untuk mengerjakan beban kerja yang banyak. Hal ini tidak hanya akan menolong Anda, tetapi juga menolong rekan-rekan Anda untuk berkembang bersama.

4. Buat perencanaan

Perencanaan yang efektif akan menolong Anda untuk menghemat waktu dalam bekerja. Dari pada terburu-buru bekerja, lebih baik menggunakan perencanaan terhadap semua pekerjaan dalam sebuah rencana kerja yang teratur.

5. Fokus pada prioritas

Miliki prioritas dalam pekerjaan. Apa yang paling prioritas, itu yang didahulukan. Prioritas akan membantu Anda dalam manajemen waktu.

6. Ambil waktu untuk istirahat

Walau beban kerja Anda banyak, jangan lupa untuk beristirahat. Sangat penting untuk beristirahat untuk menyegarkan pikiran sejenak. Setelah itu baru mulai kerjakan lagi pekerjaan Anda.

7. Pertahankan work life balance

Memiliki keseimbangan hidup yang sehat memang membutuhkan perjuangan.Tetapi, Anda perlu tahu bahwa semakin sering atau semakin banyak Anda bekerja tidak akan membuat Anda mencapai lebih banyak kesuksesan. Jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk keluarga dan kehidupan sosial.

8. Berhentilah multitasking

Otak Anda tidak bisa bekerja dengan efektif ketika melalukan segalanya bersamaan. Itulah sebabnya penting memiliki prioritas untuk melakukan hal yang penting terlebih dahulu.

9. Hindari hal-hal yang mengganggu fokus

Buatlah estimasi waktu untuk mengerjakan pekerjaan Anda dan jauhkan diri dari hal-hal yang mengganggu fokus selama estimasi waktu tersebut.

10. Evaluasi diri

Setiap hari Anda menggunakan wakrtu untuk bekerja, cobalah untuk mengevaluasinya setelah pekerjaan berakhir. Evaluasi manajemen waktu dan kinerja Anda sepanjang hari. Anda akan menemukan poin-poin apa yang perlu diperbaiki dalam sistem pekerjaan Anda. Setelah itu Anda bisa mengadaptasinya dalam perencanaan kerja selanjutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top