Cara Praktis untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Pikiran yang buruk, gaya hidup yang tidak menentu, dan ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan sering kali menjadi penyebab kita tidak bisa mencintai diri kita sendiri.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  14:08 WIB
Cara Praktis untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi - Mencintai diri sendiri - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pikiran yang buruk, gaya hidup yang tidak menentu, dan ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan sering kali menjadi penyebab kita tidak bisa mencintai diri kita sendiri.

Padahal, telah banyak penelitian membuktikan bahwa penerimaan diri sendiri merupakan kunci kehidupan yang lebih bahagia. Anda akan merasa lebih senang jika dapat menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya.

Bagaimana cara memulai untuk mencintai diri sendiri? Silakan latih diri dengan aktivitas praktis berikut ini:

1. Izinkan dirimu tidur 8 jam sehari

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Akan tetapi, sangat banyak orang yang mengabaikan kebutuhan ini, sehingga mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, strok, obesitas, dan depresi.

Sebagai tanda Anda mencintai diri sendiri, izinkan tubuhmu untuk tidur yang cukup, setidaknya 7-9 jam sehari.

2. Kenali pikiran negatif dan ganti dengan pikiran positf

Pikiran-pikiran yang negatif akan sangat mengganggu kehidupan Anda. Tidak hanya membuat Anda menjadi khawatir dan cemas, pikiran yang buruk itu juga dapat mempengaruhi keyakinan akan diri sendiri.

Apabila Anda sering terjebak dalam pikiran negatif, kenali segera dan berusahalah untuk menggantinya dengan pikiran yang lebih positif.

3. Membuat jurnal atau tulisan setiap pagi

Tuliskan pikiran-pikiran Anda pada buku harian agar Anda dapat lebih mengenali cara berpikir dan cara pandang pribadi. Selain itu, tuliskan juga hal-hal yang Anda syukuri setiap hari. Dengan melatih diri untuk bersyukur, Anda sedang belajar meningkatkan keseimbangan hidup.

4. Makan makanan yang sehat

Makan secara emosional akan membuat Anda tidak memiliki kontrol untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Anda hanya akan berakhir dengan makanan yang tidak sehat bagi tubuh Anda. Jika Anda ingin mencintai diri sendiri, pilihlah makanan-makanan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda dengan bijaksana.

5. Kembali ke dunia nyata

Kita sering kali menghabiskan waktu untuk mencari perhatian dan kenyamanan dari orang lain khususnya melalui media sosial. Akan tetapi, hidup dalam dunia maya tidak selalu menguntungkan. Anda perlu beristirahat sejenak untuk kembali ke dunia nyata, dunia yang lebih kecil dari dunia maya yang luas itu.

6. Olahraga sebagai hadiah

Jangan jadikan olahraga sebagai paksaan, tetapi hadiah diri sendiri. Olahraga merupakan bagian penting yang akan membuat tubuh Anda tetap sehat. Pilihlah aktivitas fisik yang membuat Anda merasa lebih baik ketika melakukannya.

7. Berhenti menuntut diri

Dalam masyarakat, kita sering dituntut untuk melakukan hal yang ‘seharusnya’. Orang-orang seolah memberikan ekspektasi yang lebih dari pada apa yang bisa kita lakukan.

Ingatlah, Anda sebenarnnya tidak harus menjadi seperti yang orang lain inginkan. Jadilah diri sendiri dan hargai diri Anda sebagaimana mestinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inspirasi, hobi

Sumber : Huffpost.com

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top