Menu sarapan sehat./Antara
Health

Sarapan Sehat, Begini Menu dan Waktu yang Tepat

Newswire
Minggu, 17 Februari 2019 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ahli gizi menyarankan agar masyarakat mengonsumsi beragam jenis makanan saat sarapan guna memenuhi zat gizi yang diperlukan tubuh.

"Zat gizi yang paling penting untuk sarapan, semuanya itu penting, harus ada karbohidrat, ada protein, vitamin, lemak, dan mineral," kata Nutrisionis Perusahaan Nestle Indonesia Eka Herdiana dalam acara Ayo Sarapan Bergizi yang diselenggarakan oleh Nestle di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Diana mengakui selera makan atau sarapan setiap orang berbeda-beda, namun apapun jenis makanannya tetap harus memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jika seseorang yang senang mengonsumsi buah saat sarapan, disarankan untuk memilih buah yang banyak mengandung karbohidrat seperti pisang atau mangga.

Sementara vitamin dan mineralnya sudah terpenuhi dari buah-buahan, sangat dianjurkan untuk ditambahkan dengan yogurt atau susu untuk pemenuhan protein yang tidak bisa didapat dari buah.

Diana juga menyinggung menu sarapan dengan roti serta selai yang belum terpenuhi seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

"Roti dan selai, berarti baru karbohidrat. Misal selainya selai kacang, okelah ada proteinnya tapi tidak banyak. Berarti kita kurangnya vitamin dan mineral, berarti ditambahin buah misalnya stroberi pisang, atau misal minumnya yogurt oke juga," jelas dia.

Sementara waktu yang paling direkomendasikan untuk sarapan, kata Diana, ialah paling telat dua jam setelah bangun tidur.

"Paling lambat dua jam setelah bangun tidur, dalam kurun waktu itu kita sudah harus makan," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro