Konsumsi Sayuran Dapat Kurangi Risiko Terkena Kanker Hingga 4 Persen

Sebuah penelitian besar dari Eropa menunjukkan bahwa banyak makan buah dan sayuran memiliki efek pada pengurangan risiko kanker. Studi tersebut menunjukkan bahwa risiko kanker akan 4% lebih rendah untuk setiap dua porsi sayuran ekstra sehari yang dimakan seseorang.
Eva Rianti | 15 April 2019 19:59 WIB
Sayuran hijau - mogreenjuice.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian besar dari Eropa menunjukkan bahwa banyak makan buah dan sayuran memiliki efek pada pengurangan risiko kanker 4 persen lebih rendah. 

Itu menggambarkan, apabila seseorang memiliki risiko 10 persen terkena kanker selama delapan tahun ke depan, paling banter, risikonya menjadi 9,6 persen dengan makan dua porsi sayuran ekstra sehari. Secara statistik dinilai sangat kecil, namun secara psikologis cukup menguatkan.

Studi juga menunjukkan, makan sayur dan buah-buahan juga akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Hal tersebut tentu luar biasa mengingat penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar.

Diterbitkan di The Journal of National Cancer Institute, studi ini adalah yang terbaru dalam sejumlah studi yang mempelajari potensi buah-buahan dan sayuran untuk menurunkan risiko kanker. Ada juga bukti bahwa sayuran tertentu mengandung senyawa yang ampuh melawan kanker. Misalnya, likopen dari tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Studi lain juga menunjukkan manfaat antikanker yang berpotensi lebih tinggi dari makan sayuran untuk orang yang secara teratur minum alkohol. Studi lain mengonfirmasi bahwa konsumsi sayuran yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

“Kami sekarang memiliki lebih banyak informasi dari studi prospektif tentang asupan buah dan sayuran sehubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular. Dengan demikian, saran harus dilanjutkan, tetapi manfaatnya terutama untuk penyakit jantung dan stroke,” ujar Walter Willett, Ketua Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health, dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini. 

Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan setidaknya risiko kanker kecil di antara mereka yang makan banyak sayuran. Studi ini berfokus pada konsumsi sayuran selama masa dewasa tetapi tidak mengungkapkan banyak tentang efek konsumsi sayuran yang tinggi selama masa kanak-kanak dan remaja.

Faktanya adalah bahwa banyak bukti menunjukkan peningkatan konsumsi sayuran baik untuk jantung Anda. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa makan lima atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung atau stroke 30% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi sehari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kanker

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top