Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenali Ciri Penyakit Menular Herpes Genital

Ketika seseorang tertular herpes genital pertama kali, mungkin tidak terdapat gejala atau luka. Banyak orang yang mengidap herpes genital tidak menyadarinya karena tidak merasakan gejalanya.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 20 Mei 2019  |  11:58 WIB
Herpes - boldsky.com
Herpes - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika seseorang tertular herpes genital pertama kali, mungkin tidak terdapat gejala atau luka. Banyak orang yang mengidap herpes genital tidak menyadarinya karena tidak merasakan gejalanya.

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes Simpleks tipe 1 atau tipe 2.

Penularannya terjadi dalam hubungan seks, ciuman, dan seks oral. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi tidak menimbulkan kematian atau kanker pada orang dewasa.

Apa saja ciri dan tanda herpes genital?

Berikut ini tanda dan gejalanya menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Westi Indriatmi dari Klinik Pramudia Jakarta: 

1.Episode pertama biasanya yang terparah. Secara umum Anda merasa tidak sehat seperti Anda menderita flu, kemudian timbul Iepuhan-Iepuhan kecil di bagian kemaluan maupun mulut. Lepuhan itu pecah dan menjadi luka.

2.Kemudian timbul keropeng, dan akhirnya kulit sembuh setelah 1 atau 2 minggu.

3. Pada wanita, lepuhan dapat timbul di sekitar vagina, uretra, serviks atau di antara vagina dan dubur. 

4. Pada pria lepuhan dapat timbul di penis, kulit ujung, dan kadang-kadang di dalam uretra pada zakar atau di daerah antara penis dan dubur. Sangat terasa sakit waktu mengeluarkan air seni.

5. Kadangkala lepuhan dapat timbul di pantat, tubuh belakang bawah, dan daerah lain di bawah pinggang, Juga pada tangan, payudara, tubuh belakang, dan jari yang menyentuh daerah terinfeksi.

6. Banyak kasus herpes genital yang tidak memperlihatkan lepuhan, tetapi terIihat seperti kemerahan yang kecil, kulit pecah-pecah, atau kondisi lainnya pada kemaluan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan virus herpes penyakit menular
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top