Pusat kebugaran di rumah (home gym) Bogor Fit Life (BFL) di Bogor/Istimewa
Fashion

Mau Berbisnis Gym? Mulai dari Skala Rumahan Dulu

Tika Anggreni Purba
Senin, 27 Mei 2019 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Pelatih kebugaran Marcellina Leonora atau akrab disapa Leony, mendirikan sebuah pusat kebugaran sederhana di halaman rumahnya. Pusat kebugaran di rumah (home gym) bernama Bogor Fit Life (BFL) didirikannya bersama dengan suaminya.

“Kami membuka home gym ini berbasis komunitas untuk menarik orang-orang di sekitar rumah dengan biaya yang sangat murah,” kata Leony.

Dia menjelaskan bahwa melalui home gym para anggota dapat menyadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik dari olahraga tidak perlu menguras kantong.

Anggota komunitas ditantang untuk berkomitmen dalam latihan yang dilakukan 2 kali seminggu. Pada akhirnya masyarakat di sekitar rumahnya juga makin sadar akan pentingnya olahraga dan memetik manfaat yang besar juga.

“Intinya, member diajarkan untuk mulai bergerak yang pasti berefek baik pada tubuh,” kata Ketua Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI).  

Mau Berbisnis Gym? Mulai dari Skala Rumahan Dulu

Leony menyarankan bagi orang yang ingin terjun dalam bisnis olahraga, sebaiknya memulai dari membentuk komunitas. Selain karena modalnya sangat minim, proses pendekatan pada masyarakat juga lebih mudah.

“Modal awal saya cuma matras, ternyata setelah orang melihat ada hasilnya dan member makin banyak, akhirnya saya membeli alat sedikit demi sedikit,” katanya.

Pelan-pelan bisnis home gym yang didirikan Leony berkembang pesat dengan banyak anggota.

Leony menuturkan bahwa klub olahraga berbasis komunitas dapat berkembang pesat jika didukung oleh pelatih yang berkomitmen pula. Setelah anggota makin banyak, ekspansi bisnis yang lebih luas dapat dilakukan.

“Jadi dengan membangun komunitas, masyarakat juga terbangun kesadarannya tentang pentingnya olahraga dan kesehatan,” katanya.

Saat ini Leony tengah mengembangkan bisnisnya menjadi pusat kebugaran yang lebih luas. Pengembangan ini dilakukannya untuk menjangkau lebih banyak anggota dan masyarakat luas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro