Ilustrasi./Istimewa
Health

Begah, Ini 4 Cara Mengurangi Gas di Perut

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 6 Juni 2019 - 22:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut begah adalah masalah umum yang biasa terjadi setelah menikmati makanan tertentu atau makan terlalu banyak, termasuk saat momen libur Lebaran kali ini.

Biasanya, perut begah akan menyebabkan situasi yang kurang nyaman pada perut Anda. Minuman soda dan makanan berlemak biasanya akan menyebabkan momen tidak menyenangkan ini. 

Dikutip dari express.co.uk, David Wiener, spesialis nutrisi memberikan saran mengurangi perasaan begah atau perut kembung:

1. Kurangi makanan asin

Junk food dan makanan beku hingga gorengan adalah salah satu makanan yang perlu Anda hindari karena mengandung banyak sekali garam. David menyebutkan kalau terlalu banyak garam akan menyebabkan ketidakseimbangan antara mineral dalam tubuh yang berpengaruh besar pada hati. 

2. Tidak mengonsumsi gula dalam periode waktu tertentu

Untuk beberapa saat, cobalah untuk tidak mengonsumsi gula baik permen atau manisan. David menyebutkan kalau pengganti gula seperti xylitol yang banyak terdapat pada permen penyegar napas pun dapat menyebabkan perut kembung. 

3. Jangan tidur dengan perut penuh

Tidur setelah makan banyak ternyata bisa menyebabkan perut kembung dan makanan Anda sulit untuk dicerna oleh tubuh. Temukan waktu yang pas untuk makan dan jangan lupa untuk beristirahat sebentar sebelum melakukan aktivitas selanjutnya. Idealnya, Anda bisa tidur tiga jam setelah makan, agar perut Anda tidak kembung ke esokan harinya. 

4. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Terkadang, perut kembung terjadi karena retensi air sehingga mengonsumsi makanan tinggi magnesium. Makanan tinggi magnesium yang biasanya didapat dari makanan seperti kacang, sayur kale yogurt dan nasi cokelat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro