8 Cara Alami Atasi Konstipasi

Seseorang disebut mengalami konstipasi apabila buang air besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kondisi itu dapat disertai oleh gejala lain, seperti perut kembung dan sakit saat BAB.
8 Cara Alami Atasi Konstipasi Ana Noviani | 07 Juni 2019 10:45 WIB
8 Cara Alami Atasi Konstipasi
Perut kembung - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Konstipasi merupakan masalah kesehatan yang jamak dialami. Pemicunya bisa berasal dari makanan, gaya hidup, obat-obatan, atau penyakit.

Seseorang disebut mengalami konstipasi apabila buang air besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kondisi itu dapat disertai oleh gejala lain, seperti perut kembung dan sakit saat BAB. Sejumlah cara alami dapat meredakan konstipasi, berikut di antaranya.

- Minum lebih banyak air
Dehidrasi terus menerus dapat memicu konstipasi. Untuk mencegahnya, penting sekali untuk cukup minum air dan tetap menjaga tingkat hidrasi.  Air berkarbonasi (sparling water) yang tidak mengandung gula dapat menjadi pilihan untuk meredakan konstipasi.

- Konsumsi makanan berserat
Jenis makanan berserat yang perlu dikonsumsi perlu diperhatikan dengan cermat. Jika salah pilih, makanan itu justru membuat konstipasi semakin menjadi. Makanan berserat yang disarankan mencakup insoluble fibers (gandum utuh, sayur mayur) dan soluble fibers (oat, barley, kacang-kacangan, biji-bijian, serta beberapa buah dan sayur).

- Olahraga
Sejumlah studi membuktikan olah raga mengurangi gejala konstipasi. Apabila mengalami konstipasi, cobalah berjalan kaki secara rutin.

www.healthyeating.sfgate.com

- Buah Prune
Buah prune dan jus prune dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi konstipasi. Buah itu mengandung laxative sorbitol yang alami sehingga memberikan efek pencahar. Dosis yang efektif diestimasi sekitar 50 gram atau 7 buah prune ukuran sedang dan dikonsumsi 2 kali sehari.

- Minum kopi yang mengandung kafein
Kopi mengandung senyawa yang menstimulasi otot-otot di sistem pencernaan manusia. Sebuah studi mengungkap, kafein dalam kopi dapat menstimulasi usus, bahkan 60% lebih efektif dari minum air dan 23% lebih efektif dari minum kopi tanpa kafein.

- Konsumsi makanan probiotik atau suplemen probiotik
Konstipasi kronis bisa disebabkan oleh kandungan bakteri usus yang tidak seimbang. Probiotik dapat mengobati constipasi dengan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga BAB lebih lancar.
Makanan yang mengandung probiotik, misalnya yogurt dan kimchi. Alternatifnya, yakni suplemen probiotik yang direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin setidaknya selama 4 minggu.

- Makanan yang mengandung prebiotik
Makanan tersebut meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik dalam usus. Makanan prebiotik antara lain bawang putih, bawang bombai, dan pisang.

- Konsumsi mi shirataki atau suplemen glucomannan
Glucomannan merupakan tipe soluble fiber yang terbukti efektif mengatasi konstipasi. Makanan yang mengandung glucomannan, salah satunya mi Shirataki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips sehat

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top