Ilustrasi/Medflicks
Health

6 Kebiasaan Bikin Punggung Sakit

JIBI
Kamis, 20 Juni 2019 - 08:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Sakit punggung tentu tidak ingin dirasakan oleh setiap orang. Sebab, selain memberikan rasa tidak nyaman, masalah ini bahkan dapat mengganggu dan membatalkan aktivitas yang telah dijadwalkan.

Situs Mayo Clinic dan Fitnea memaparkan enam kebiasaan yang tanpa disadari dapat menyebabkan sakit punggung. Apa sajakah itu?

1. Membawa beban berat

Bagi Anda yang suka membawa beban berat, terlebih lagi diletakkan pada sebelah bahu, tubuh pun akan jadi tak seimbang dan menyebabkan sakit punggung. Oleh karena itu, usahakan jangan membawa beban yang terlalu berat. Beban ideal yang aman dibawa adalah 10 persen dari berat tubuh Anda.

2. Kurang olahraga

Olahraga dapat membentuk otot yang kuat untuk menopang punggung. Jika kurang olahraga, otot akan jadi lemah dan kekuatan tulang belakang akan mengendur. Melakukan peregangan pada punggung adalah satu langkah untuk kurangi sakit punggung.

3. Kasur tak nyaman

Kasur sebaiknya diganti setelah dipakai selama 8 sampai 10 tahun. Jika lebih dari itu, kekuatan kasur untuk menopang tubuh sudah berkurang. Pilihlah kasur yang tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Pastikan pula lengkungan tulang belakang tidak tenggelam atau kaku saat berbaring di atas kasur, agar nantinya dapat bangun tanpa sakit punggung.

4. Stres

Jika pikiran stres, seluruh tubuh akan ikut stres. Tak terkecuali otot pada bagian belakang dan leher yang jadi menegang. Apabila Anda terus stres, otot-otot tersebut jadi tak bisa rileks dan menimbulkan rasa sakit. Melakukan meditasi dan mandi air hangat dipercaya bisa mengurangi hal ini.

5. Sering makan junk food

Makanan cepat saji atau junk food memiliki kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa menyebabkan kegemukan. Bobot tubuh yang bertambah biasanya akan menumpuk pada area punggung. Selain itu, kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan pinggul jadi maju ke depan dan menekan tulang belakang. Oleh karena itu, tak heran banyak dari mereka yang berbadan besar sering mengalami sakit punggung.

6. Duduk seharian

Duduk berlama-lama di depan komputer saat bekerja dapat mengganggu postur tubuh yang menyebabkan sakit pada otot punggung karena tidak aktif bergerak. Duduk juga memberikan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Jika pekerjaan menuntut Anda untuk duduk berlama-lama, pastikan posisinya benar, tidak terlalu membungkuk dan tidak terlalu tegak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro