Tips Memilih Kamera dan Mengambil Gambar Dion Wiyoko

Aktor Dion Wiyoko belakangan ini tak hanya tampak sibuk bermain film, namun juga mendalami hobinya dalam bidang fotografi. Berikut tips Dion dalam memotret dan memilih kamera.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  20:10 WIB
Tips Memilih Kamera dan Mengambil Gambar Dion Wiyoko
Dion Wiyoko - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor Dion Wiyoko belakangan ini tak hanya tampak sibuk bermain film, namun juga mendalami hobinya dalam bidang fotografi.

Berawal dari kesukaan pada aktivitas memotret, rupanya Dion tergugah untuk mendalami ilmu fotografi lebih dalam. Pengalaman mendalami ilmu fotografi telah dijalaninya sejak 2011 secara autodidak. Kini, selain tetap bermain film, aktivitas memotret secara profesional terus digelutinya.

Berbekal pengalaman sepanjang delapan tahun itu, Dion membagikan tips dan trik dalam memilih kamera dan mengambil gambar.

Memilih Kamera

Dion mengatakan, memilih kamera tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Ada fotografer profesional yang cenderung membutuhkan kamera yang mumpuni dengan peralatan yang tentu lebih banyak. Ada juga fotografer yang cenderung mengambil gambar dengan simpel. 

“Kalau buat aku yang passionate dengan fotografi, dan dapat kualitas foto yang baik, pilihannya mirrorless atau DSLR yang full frame, mega pixel-nya besar,” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dion memberitahu kamera yang biasa digunakan olehnya ketika mengambil gambar, yaitu mirrorless tipe Z7 dan DSLR D850. Kedua kamera berkualitas ini kerap digunakan olehnya secara bergantian sesuai dengan kebutuhan. Menurutnya, keduanya merupakan spesifikasi yang tinggi di kelasnya.

“Cuman, sekarang varian jenis kamera yang sangat beragam sesuaikan dengan bujet juga,” lanjutnya.

Pengambilan Gambar

Membidik objek yang sama belum tentu menghasilkan gambar yang sama, semua tergantung dari selera mata dari sang fotografer.

Menurut Dion, kadangkala ada satu objek yang sama, namun pengambilan gambar oleh orang yang tidak sama dengan angle framing berbeda, hasilnya bisa berbeda juga.

“Jadi, sering-seringlah melihat berbagai angle” ujarnya.  

Sewaktu pertama kali mulai suka aktivitas berfoto, Dion berkisah, dia hanya menggunakan kamera handphone, lalu mempostingnya di instagram.

Lama-kelamaan, dia ingin meningkatkan kemampuannya mengambil gambar. Dari situ, dia mempelajari teknis pengambilan gambar sekaligus editing. Berulang-ulang dilakukannya, hingga akhirnya mendapatkan gambar yang sesuai dengan keinginan.

Dari banyaknya melakukan latihan angle framing, nantinya akan menemukan objek apa yang disukai untuk lebih sering dipotret. Dion sendiri cenderung menyukai foto arsitektur, human interestlandscape,  dan street photography.

“Sebanyak mungkin latihan angle framing, dari hp, atau dari pocket camera. Sehingga tahu lebih banyak apa yang kita eksplor. Objek apa yang kita sukai,” lanjutnya.

Dion melanjutkan, untuk mendalami jenis fotografi tertentu yang ingin dikuasai, mengikuti akun instagram para fotografer handal bisa menjadi cara yang tepat untuk belajar fotografi, hingga tiba saatnya menemukan gaya sendiri dalam pengambilan gambar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kamera, fotografi

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top