Ciri-ciri Kulit Ketiak Sensitif dan Cara Merawatnya

Tidak hanya kulit wajah, kulit ketiak juga memiliki jenis kulit yang sensitif. Kulit sensitif pada ketiak biasanya ditandai dengan kulit yang mudah teriritasi. Apabila kulit sensitif terititasi, kulit biasanya menjadi merah, gatal, perih, dan menghitam.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 14 Juli 2019  |  14:07 WIB
Ciri-ciri Kulit Ketiak Sensitif dan Cara Merawatnya
Ilustrasi ketiak -

Bisnis.com, JAKARTA—Tidak hanya kulit wajah, kulit ketiak juga memiliki jenis kulit yang sensitif. Kulit sensitif pada ketiak biasanya ditandai dengan kulit yang mudah teriritasi. Apabila kulit sensitif terititasi, kulit biasanya menjadi merah, gatal, perih, dan menghitam.

Kulit ketiak sensitif juga tidak terhindar dari keringat. Perubahan gaya hidup yang makin aktif dan produktif dapat mempengaruhi kondisi emosi dan tingkat stres, serta konsumsi kafein dapat memicu masalah keringat pada tubuh, termasuk juga ketiak. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin Melyawaty Hermawan dari Perhimpunan Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia Jakarta (Perdoski Jaya), mengatakan bahwa kondisi berkeringat dapat menyebabkan banyak problem seperti perasaan kurang nyaman, kurang percaya diri, dan lain-lain. “Kulit ketiak sensitif biasanya barrier kulitnya kurang sempurna sehingga zat iritan mudah masuk dan memicu peradangan,” kata Melyawati, pada acara Dove Sensitive Deodorant Media Gathering di Jakarta, Kamis, 11/7/2019.

Menurut laporan Kantar Worldpanel pada Juni 2018—Mei 2019, ditemukan bahwa 60% perempuan Indonesia menggunakan deodoran. Selain itu kebutuhan perawatan untuk kulit ketiak sensitif juga meningkat. Hal ini terlihat dari pencarian di internet tentang perawatan kulit sensitif meningkat sebesar 78%.

Ketiak sensitif memerlukan deodoran yang tepat. Hal ini untuk menghindari iritasi dan masalah kesehatan kulit lainnya. Kulit ketiak yang sensitif tidak cocok dengan deodoran yang mengandung parfum, paraben, dan alkohol. “Pewangi atau parfum biasanya paling mengiritasi kulit ketiak yang sensitif, selain itu pengawet produk juga sebaiknya dihindari,” kata Melyawati. Pemakaian sembarang deodoran pada ketiak yang sensitif justru dapat menimbulkan gatal-gatal, alergi, dan ketiak menghitam. 

Anggya Kumala, senior brand manager Dove Deodorant mengatakan bahwa fenomena ini perlu diatasi dengan produk deodoran yang aman bagi kulit sensitif. 

“Dove Sensitive Deodorant yang diformulasikan dengan 0% kandungan parfum, alkohol, dan paraben, sehingga cocok untuk kulit ketiak yang sensitif,” ujarnya. Menurutnya walau tidak mengandung parfum, deodoran keluaran PT Unilever Indonesia ini tidak akan menimbulkan bau yang tidak enak, tetapi justru aroma deodoran tetap menjaga ketiak dari keringat yang menimbulkan bau.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ketiak hitam

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top