Debut The Lion King Diprediksi Raup Omzet Akhir Pekan US$180 Juta di AS

Sejumlah analis box office memperkirakan bahwa film live action Disney terbaru yakni The Lion King (2019) bakal menuai sukses besar dan menjadi salah satu film paling sukses tahun ini.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 19 Juli 2019  |  18:52 WIB
Debut The Lion King Diprediksi Raup Omzet Akhir Pekan US$180 Juta di AS
Aktor Billy Eichner berpose saat premiere "The Lion King" di Los Angeles, California, AS, 9 Juli 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah analis box office memperkirakan bahwa film live action Disney terbaru yakni The Lion King (2019) bakal menuai sukses besar dan menjadi salah satu film paling sukses tahun ini.

Dilansir dari Box Office Mojo, Jumat (19/7/2019) film tersebut diluncurkan perdana pada 4.725 bioskop domestik Amerika Serikat dan diprediksi memulai debutnya dengan omzet tiket sekitar US$175 hingga US$180 juta.

Jumlah tesebut akan menjadi pendapatan pembukaan terbesar kedua tahun ini dibawah Avengers: Endgame (2019) dengan US$357,1 juta dan memimpin diatas film besutan Marvel lainnya yakni Captain Marvel (2019) dengan US$153,4 juta.

Prediksi ini menjadi penghibur bagi Disney ketika film tersebut nyatanya tak terlalu memikat para kritikus film. The Lion King mendapatkan nilai 56% pada agregator RottenTomatoes dan 55% pada Metacritic.

Angka ini memang terlihat mengejutkan. Pasalnya, versi animasi The Lion King (1994) mendapatkan nilai 93%. Selain itu, berkaca pada film animasi dan adaptasinya yakni The Jungle Book (1997) mendapat skor 87% dan adaptasinya bahkan mencapai 94%.

Kendati begitu, nilai yang tidak terlalu bagus dari para kritikus memang tidak menjadi penentu kesuksesan sebuah film. Sebelumnya, film live action Aladdin (2019) besutan Guy Ritchie juga hanya mendapat penilaian 57% pada RottenTomatoes tetapi nyatanya film tersebut berhasil mengumpulkan pendapatan hingga US$963 juta sejak awal penayangannya.

Sementara itu, di dunia internasional The Lion King juga akan rilis di China – salah satu pangsa pasar film global terbesar – pada akhir pekan ini dan diperkirakan bisa mengumpulkan pendapatan lebih dari US$54 juta.

Film ini juga telah dirilis di beberapa negara seperti Perancis, Jerman, Belanda, Australia, Selandia Baru, dan lain sebagainya dengan total pendapatan global sejauh ini mencapai US$94,5 juta. Pada akhir pekan ini, film akan dibuka di semua pasar internasional kecuali Jepang, Italia, dan Hong Kong.

Para analis memperkirakan lima besar film yang akan bercongkol di puncak box office akhir pekan ini adalah The Lion King dengan perkiraaan pendapatan US$190 juta, diikuti dengan Spider-Man: Far From Home dengan US$22 juta.

Posisi ketiga diisi oleh Toy Story 4 dengan pendapatan US$12,5 juta. Posisi keempat ada Crawl dengan pendapatan US$6,3 juta, dan posisi kelima akan diisi oleh Yesterday dengan pendapatan US$4,3 juta.

Bila prediksi ini tepat, maka film anyar The Lion King bakal menjadi awalan yang lebih besar dibandingkan dengan film adaptasi Disney lainnya seperti The Jungle Book, Beauty and the Beast, dan Aladdin.

Film ini disutradarai oleh Jon Favreau yang juga menjadi sutradara pada film The Jungle Book. Beberapa nama bintang yang terlibat dalam pengisi suara film ini adalah Donald Glover, Beyonce, Billy Eichner, dan Seth Rogen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bioskop, walt disney, disney

Editor : Sutarno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top