Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

Begini Cara Tubuh Melawan Polutan

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 1 Agustus 2019 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Polusi udara yang buruk di kawasan Jakarta berdampak pada masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan.

Beberapa gejala dari gangguan pernapasan itu antara lain batuk berdahak, batuk tidak berdahak, sesak napas hingga nyeri dada.

“Batuk adalah mekanisme pertahanan paru untuk membersihkan benda asing halus (polutan) yang masuk ke saluran napas, tetapi jika berlangsung lama dan berat, maka itu menjadi gejala awal yang perlu diwaspadai,” kata Elisna Syahruddin, dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan kepada Bisnis.com, Rabu (31/7/2019).

Pada penderita asma dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) yang mengalami serangan, selain batuk akan timbul sesak napas terutama saat membuang napas. Gejala awal itu juga dapat terjadi pada pneumonia.

Menurut Elisna, upaya mengurangi produksi polutan bisa dilakukan antara lain dengan  mengurangi  paparan udara berpolutan tinggi seperti memakai masker jika diharuskan berada di ruang terbuka.

Memakai masker dianggap upaya efektif dalam jangka pendek untuk memperbaiki daya tahan tubuh untuk meningkatkan mekanisme pertahanan saluran napas melawan dampak buruk polutan yang terhirup.

Elisna mengapresiasi rencana Pemprov DKI Jakarta  menurunkan polusi udara dengan penghijauan.

“Apapun yang dilakukan untuk menurunkan tingkat polusi harus dilakukan bersama yang paling penting pengendalian produksi polutan misalnya asap kendaran, asap rokok di tempat unum, asap pembakaran  sampah atau pabrik dan lain-lain,” pungkas Elisna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro