Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Tubuh Melawan Polutan

Polusi udara yang buruk di kawasan Jakarta berdampak pada masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  13:28 WIB
Batuk - fastpaceurgantcare.com
Batuk - fastpaceurgantcare.com

Bisnis.com, JAKARTA – Polusi udara yang buruk di kawasan Jakarta berdampak pada masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan.

Beberapa gejala dari gangguan pernapasan itu antara lain batuk berdahak, batuk tidak berdahak, sesak napas hingga nyeri dada.

“Batuk adalah mekanisme pertahanan paru untuk membersihkan benda asing halus (polutan) yang masuk ke saluran napas, tetapi jika berlangsung lama dan berat, maka itu menjadi gejala awal yang perlu diwaspadai,” kata Elisna Syahruddin, dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan kepada Bisnis.com, Rabu (31/7/2019).

Pada penderita asma dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) yang mengalami serangan, selain batuk akan timbul sesak napas terutama saat membuang napas. Gejala awal itu juga dapat terjadi pada pneumonia.

Menurut Elisna, upaya mengurangi produksi polutan bisa dilakukan antara lain dengan  mengurangi  paparan udara berpolutan tinggi seperti memakai masker jika diharuskan berada di ruang terbuka.

Memakai masker dianggap upaya efektif dalam jangka pendek untuk memperbaiki daya tahan tubuh untuk meningkatkan mekanisme pertahanan saluran napas melawan dampak buruk polutan yang terhirup.

Elisna mengapresiasi rencana Pemprov DKI Jakarta  menurunkan polusi udara dengan penghijauan.

“Apapun yang dilakukan untuk menurunkan tingkat polusi harus dilakukan bersama yang paling penting pengendalian produksi polutan misalnya asap kendaran, asap rokok di tempat unum, asap pembakaran  sampah atau pabrik dan lain-lain,” pungkas Elisna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polusi udara polusi jakarta Batuk
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top