Penulis Vabyo Bagikan Cerita Inspiratif Melawan Stroke

Penulis Valiant Budi Yogi baru-baru menuliskan pengakuan inspiratif dari perjalanan kesehatannyanya melalui jejaring media sosial Twitter.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  09:30 WIB
Penulis Vabyo Bagikan Cerita Inspiratif Melawan Stroke
Penulis Valiant Budi Yogi (kedua dari kiri). - Twitter @vabyo

Bisnis.com, JAKARTA – Penulis Valiant Budi Yogi baru-baru menuliskan pengakuan inspiratif dari perjalanan kesehatannyanya melalui jejaring media sosial Twitter.

Dia  didiagnosis menderita stroke hemoragik, kondisi salah satu arteri di otak pecah sehingga memicu pendarahan dan menyebabkan sel otak dapat cepat mati dan terganggu secara permanen.

Pria yang akrab dipanggil Vabyo ini bercerita dalam cuitannya pada Senin (12/8/2019), serangan stroke yang ia alami terjadi pada tahun 2015  secara tiba-tiba saat ia sedang melakukan aktivitas harian.

Gejala yang ia dapati adalah rasa sakit pada leher hingga kepala yang membuat dirinya sempat pingsan beberapa saat.

Penulis novel Kedai 1001 Mimpi ini menyebut gejala stroke yang ia alamai tidak datang tiba-tiba. Sejak tiga tahun sebelum divonis mengidap stroke, ia sudah merasakan gejala rasa sakit pada leher belakang, kelopak mata tidak bisa tertutup yang awalnya ia anggap sepele.

Stroke yang dialami Vabyo diduga faktor genetik hipertensi ditambah pola hidup tidak sehat seperti merokok, jarang berolahraga, gemar makan makanan berkolesterol dan jarang minum air putih.

Karena penyakit ini, banyak sekali perubahan yang ia rasakan terutama kemampuan berbahasa dan memorinya yang terhambat. Adakalanya Vabyo merasakan sakit yang luar biasa hingga membuatnya menjerit histeris.

 Memasuki minggu ke-3 masa perawatan, penyebaran darah di otaknya dinyatakan kering melalui pemeriksaan CT Scan dan diperbolehkan untuk rawat jalan, meski masih merasakan ke anehan pada otak kanan yang menurutnya masih ‘cedera’.

Vabyo mengakui masih mengonsumsi obat agar fisik dan mentalnya stabil hingga saat ini, ditambah pada awal masa pemulihannya ingatannya masih terganggu sehingga dibutuhkan media pengingat.

Disampaikannya, ada beberapa tips yang ia jalankan demi bisa melawan penyakit stroke seperti olahraga teratur dan makan seimbang, serta meringankan beban pikiran sehingga tidak stres.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kolesterol, stroke

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top