Manajemen Stres Adalah Kunci

Semua orang pasti pernah stres. Hal ini wajar saja terjadi. Akan tetapi, yang tidak wajar adalah apabila stres tersebut tidak dikendalikan dengan baik sehingga memicu berbagai problem yang merugikan diri sendiri.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 10 September 2019  |  14:06 WIB
Manajemen Stres Adalah Kunci
Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett

Bisnis.com, JAKARTA—Semua orang pasti pernah stres. Hal ini wajar saja terjadi. Akan tetapi, yang tidak wajar adalah apabila stres tersebut tidak dikendalikan dengan baik sehingga memicu berbagai problem yang merugikan diri sendiri.

Stres dapat menjadi beban berat apabila kita melihat stres sebagai pengalaman yang mengancam dan perlu dilawan. Padahal sebenarnya stres adalah mekanisme biologis dalam tubuh kita yang membantu kita untuk beradaptasi dengan kehidupan.

Stres dapat menjadi jalan bagi manusia untuk memikirkan kembali nilai-nilai dan prioritas hidupnya, dan membantu Anda untuk menghadapi tantangan. Stres sebetulnya dibutuhkan untuk membuat Anda bertumbuh dan menjadi lebih kuat.

Bagaimana caranya agar stres bukan menjadi penghambat, tetapi menjadi manfaat bagi hidup Anda? Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan:

1.  Mengatur ulang pola pikir Anda tentang stres

Ketika Anda mulai mengalami perasaan atau gejala fisik stres dalam diri Anda, cobalah pandang ini sebagai petanda yang baik. Daripada menganggap stres sebagai tanda bahwa Anda sedang kewalahan dan kalah, cobalah untuk mengatur ulang pikiran Anda bahwa stres bisa menjadi tantangan yang menolong Anda untuk bertumbuh.

2.  Memilih respons stres yang tepat

Anda perlu menyadari bahwa respons stres dari setiap orang itu berbeda. Bahkan di dalam diri Anda sendiri, respons stres terhadap setiap masalah bisa saja berbeda. Karena itu, setiap kali stres melanda Anda sebaiknya mencoba untuk meluangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri tentang respons apa yang paling berguna untuk menghadapi situasi tersebut.

Apakah Anda bisa belajar dan bertumbuh melalui stres tersebut? Atau jika situasinya di luar kemampuan Anda, apakah Anda perlu meminta bantuan orang lain? Dengan fokus terhadap respons stres yang tepat, tubuh dan otak dapat membantu Anda untuk berpikir dan bertindak lebih jernih.

3.  Bersyukur akan kehadiran orang lain

Untuk mengendalikan stres, kita perlu secara teratur mengingat orang-orang yang berkontribusi dalam hidup kita, khususnya mereka yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Salah satu caranya adalah dengan mensyukuri kehadiran mereka. Rasa syukur memungkinkan Anda untuk memanfaatkan masa stres untuk membangun relasi dengan orang lain, membantu orang lain, dan mencari orang-orang yang mungkin dapat membantu Anda.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
stres

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top