7 Peralatan Bayi yang Bisa Membahayakan

Semua bayi suka bermain dengan mainan. Beberapa mainan aman untuk dimainkan dan merangsang indera bayi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 September 2019  |  10:50 WIB
7 Peralatan Bayi yang Bisa Membahayakan
Baby walker - boldsky

Bisnis.com, JAKARTA -  Semua bayi suka bermain dengan mainan. Beberapa mainan aman untuk dimainkan dan merangsang indera bayi.

Ayunan, dan mainan dalam berbagai bentuk dan warna merangsang pengembangan penglihatan mereka.

Namun, beberapa mainan kecil dan produk bayi berbahaya dan harus dijauhkan dari bayi Anda. Ini termasuk tenda buaian, baby walker, mainan dengan baterai dll.

Berikut beberapa produk peralatan bayi yang bisa membahayakan bayi itu sendiri seperti dilansir dari Boldsky.com:

1. Mainan dengan baterai

Beberapa mainan kecil yang menggunakan baterai mungkin menghibur dan membuat bayi Anda tetap sibuk. Tetapi, jika bayi Anda secara tidak sengaja menelan mainan, ia akan mencekik anak Anda yang pada akhirnya bisa berakibat fatal.

2. Baby walker

Kebanyakan orang tua membeli baby walker untuk bayi mereka agar mereka belajar berdiri dan berjalan. Tapi, baby walker tidak aman seperti kelihatannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cedera yang disebabkan oleh baby walker lebih umum tetapi tidak terlalu parah. Cedera seperti tip overs, jebakan jari dan kecelakaan tangga  sering terjadi.

3. Mainan di kursi mobil

Cermin kecil dan boneka binatang di depan mobil pasti membuat bayi Anda terhibur selama perjalanan panjang. Tapi, tahukah Anda bahwa mainan ini tidak aman, terutama ketika bayi mencoba menarik mainan yang digantung? Mainan itu cenderung mengenai wajah anak dan membahayakan bayi Anda.

4. Mainan berukuran kecil

Bagian mainan kecil bisa tersangkut di hidung atau di dalam mulut anak Anda. Misalnya, mainan seperti bagian mobil atau bagian boneka harus dijauhkan dari anak Anda.

5. Ayunan pegas

Banyak orang tua berpikir bahwa ayunan pegas akan mencegah anggota tubuh kecil anak mereka dari terjebak di antara pagar. Tapi, alat ini  tidak aman untuk bayi Anda karena menyebabkan mati lemas dan bahkan dapat menyebabkan tercekik jika bayi mencoba mengubah posisinya. Ini terkait dengan sindrom kematian bayi mendadak

6. tenda buaian

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenda boks dapat berpotensi berbahaya, terutama selama keadaan darurat ketika Anda harus melepaskan bagian atas tenda dan mengeluarkan bayi Anda.

7. Sleep  positioners

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, Sleep  positioners dapat berbahaya bagi bayi Anda. Ini menyebabkan mati lemas dan bisa mengakibatkan kematian. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa setidaknya 13 bayi telah meninggal sejak 1997 ketika berbaring dalam posisi tidur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top