Air putih/boldsky.com
Health

Tips Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

JIBI
Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak pilihan untuk menurunkan berat badan, mulai dari diet keto sampai air putih. Selain itu ada yang aman, ada juga yang justru berbahaya untuk kesehatan.

Misalnya diet air putih jika dijalankan sesuai anjuran, dianggap masih cukup aman untuk dilakukan. Namun, apabila dilakukan berlebihan, maka kesehatan bisa menjadi taruhannya.

Diet air putih hanya mengonsumsi air putih. Makanan dan minuman lain seperti kopi, teh, atau minuman kemasan lain juga tidak dikonsumsi.

Metode ini dianggap cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Namun diet air putih hanya boleh dilakukan selama 24-72 jam, atau maksimal selama 3 hari.

Jika lebih dari tiga hari berisiko besar menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Diet air putih selama lebih dari 3 hari hanya boleh dilakukan apabila sudah mendapatkan persetujuan dari dokter.

Cara menjalankan diet air putih

Air putih yang dikonsumsi disarankan berjumlah 3 liter setiap hari harinya. Anda hanya akan mendapatkan cairan dari air putih, dan bukan dari asupan lain seperti buah atau sayur. Perhatikan juga durasi maksimal untuk diet air putih, yaitu tiga hari.

Setelah selesai menjalaninya, rasa lapar pasti menghampiri. Namun, jangan langsung makan terlalu banyak, karena hal ini bisa membuat Anda sakit. Makanlah sedikit demi sedikit, hingga kondisi tubuh sudah kembali terbiasa dengan makanan berat.

Anda juga dapat melakukan diet secara berselang-seling. Metode ini disebut juga dengan intermitten fasting. Artinya, pada hari-hari tertentu, Anda hanya akan mengonsumsi seperempat dari total kalori yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Contohnya adalah diet 5:2, yaitu selama 5 hari dalam satu minggu Anda makan seperti biasa, dan sisa 2 hari lainnya, Anda mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi, salah satunya dengan diet air putih.

Melakukan intermitten fasting secara rutin, disebut dapat mengurangi risiko diabetes, menurunkan indeks massa tubuh, dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika sebelumnya Anda belum pernah menjalani diet air putih, sebaiknya jangan langsung melakukannya secara penuh. Anda disarankan untuk mecoba diet air putih selama 1 hari terlebih dahulu, dan memastikan tidak ada efek samping yang membahayakan kesehatan.

Menjalani diet air putih bisa melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan, seperti makan yang cukup dan konsumsi makanan yang dapat memberikan energi lebih.

Pilih waktu diet saat Anda sedang tidak banyak kegiatan, sehingga ada banyak waktu untuk istirahat. Jangan memaksakan diet jika sedang lelah atau merasa tidak enak badan. Hindari berolahraga secara berlebihan. Mulai proses diet secara perlahan, misalnya dengan mengurangi porsi makan.

Selama menjalani diet air putih, Anda perlu mengonsumsi cukup cairan sepanjang hari. Namun, perlu diingat jangan minum terlalu banyak, karena hal itu justru akan mengganggu kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro