Sumber: Medical News Today
Health

Beda Depresi pada Pria dan Wanita serta Penanganannya

Reni Lestari
Selasa, 12 November 2019 - 12:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Depresi merupakan suatu kondisi unik dimana penyebab dan gejalanya berbeda pada setiap orang. Gender merupakan salah satu faktor penentu perbedaan tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa penyebab depresi mungkin berbeda untuk wanita daripada pria. Para ilmuwan berpendapat ini disebabkan oleh antara lain faktor biologis, harapan budaya, dan perbedaan pengalaman.

Satu studi tentang saudara kembar yang diterbitkan dalam The American Journal of Psychiatry menemukan bahwa kepribadian dan hubungan dengan orang lain lebih mungkin berperan dalam timbulnya depresi.

Secara khusus, penelitian ini menyatakan bahwa masalah perkawinan, hubungan dengan orang tua, dan kurangnya dukungan sosial lebih cenderung menyebabkan depresi pada wanita daripada pada pria.

Neurotisisme atau berada dalam keadaan emosi negatif, juga merupakan penyebab utama depresi pada wanita yang diteliti.

Sebuah studi dalam Journal of Affective Disorders juga menemukan bahwa gejala depresi wanita berbeda. Para wanita yang diteliti lebih cenderung memiliki gangguan panik dan kecemasan selain depresi mereka.

Studi lain menunjukkan bahwa wanita mungkin lebih cenderung menambah berat badan dan memiliki rasa kantuk yang berlebihan daripada pria.

Perubahan hormon wanita juga berperan dalam bagaimana dan kapan depresi memengaruhi mereka.

Penelitian tentang tautan hormon ini telah menemukan, pertama, bahwa anak perempuan yang memiliki riwayat keluarga depresi mungkin lebih mungkin mengalami timbulnya depresi saat pubertas. Kedua, wanita dengan depresi memiliki gejala yang lebih parah selama fase pramenstruasi dari siklus mereka, bahkan jika mereka sudah menggunakan antidepresan.

Ketiga, depresi pascapersalinan terjadi setelah melahirkan dan menyerang 1 dari 7 wanita. Keempat, selama transisi menopause, risiko depresi wanita meningkat.

Depresi pada pria

Kehilangan pekerjaan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan keluarga adalah pemicu umum depresi pada pria. Sebuah studi di The American Journal of Psychiatry menemukan bahwa pria lebih mungkin mengalami depresi daripada wanita daripada hal-hal seperti, penyalahgunaan narkoba, pelecehan seksual masa kecil, riwayat depresi sebelumnya, dan peristiwa besar dalam kehidupan yang penuh tekanan.

Studi ini juga menunjukkan bahwa pria mungkin lebih cenderung menjadi depresi karena kegagalan untuk mencapai tujuan dalam hidup dan harga diri yang rendah. Masalah keuangan dan hukum dan masalah karir ditemukan menyebabkan depresi lebih sering pada pria daripada wanita.

Studi ini menyebutkan peristiwa seperti kehilangan pekerjaan dan khawatir gagal sebagai penyedia keluarga sebagai contoh yang mungkin dari apa yang dapat memicu depresi khususnya pada pria.

Gejala depresi pada pria juga mungkin berbeda. Sebuah analisis dalam JAMA PsychiatryTrusted Source menemukan bahwa pria lebih mungkin mengalami serangan kemarahan, agresi, dan perilaku mengambil risiko daripada gejala depresi daripada wanita.

Meskipun umumnya dianggap bahwa wanita menderita depresi lebih sering daripada pria, studi ini menunjukkan bahwa pria dan wanita sama-sama menderita depresi.

Perbedaan gejala dan apa yang dilaporkan pria ke dokter mungkin membuat depresi lebih sulit didiagnosis pada pria.

Gejala tradisional depresi, seperti kesedihan dan tangisan, mungkin lebih sering disembunyikan atau tidak dilaporkan oleh pria. Beberapa orang mungkin merasa bahwa gejala-gejala ini bertentangan dengan gagasan masyarakat tentang menjadi seorang pria.

Kapan harus ke dokter?

Mereka yang mengalami gejala depresi harus mencari bantuan medis. Depresi dapat memburuk tanpa perawatan dan memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Seorang dokter keluarga atau profesional kesehatan mental akan membahas pilihan perawatan untuk membantu orang tersebut mengelola depresi mereka dan melanjutkan kehidupan sehari-hari.

Dalam kasus yang parah, depresi dapat menyebabkan pikiran untuk bunuh diri atau secara fisik membahayakan diri sendiri.

Pikiran atau pernyataan bunuh diri harus ditanggapi dengan serius. Pada saat krisis, seseorang harus mencari bantuan darurat dari rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro