Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Dengan kemajuan teknologi, sarana komunikasi telah menjadi revolusioner
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 November 2019  |  11:09 WIB
Anak main gadget - lifehacker
Anak main gadget - lifehacker

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan kemajuan teknologi, sarana komunikasi telah menjadi revolusioner. 

Tetapi meskipun membuat hidup kita nyaman, ada juga tantangan yang harus kita hadapi dengan datangnya teknologi. Pengaruh teknologi sangat banyak pada anak-anak sehingga mereka hampir kecanduan. Bahkan pada mereka yang baru berusia satu tahun.

Tidak diragukan lagi, teknologi pasti dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam sejumlah cara dan dapat membantu orang tua dalam menjaga anak-anak sementara orang tua sibuk dalam beberapa pekerjaan lain, teknologi juga dapat menyebabkan membahayakan anak-anak.

Dalam situasi seperti itu jika sebagai orangtua, Anda mencoba menghentikan anak-anak ini, kemungkinan besar Anda akan mendengar tangisan mereka.  Untuk ini, Anda perlu membaca tips berikut ini : 

1. Tetapkan Beberapa Aturan Dan Pedoman

Untuk membuat anak-anak Anda membatasi kebiasaan yang lebih baik dalam menggunakan internet atau teknologi lainnya, Anda dapat menetapkan beberapa pedoman dan aturan untuk mereka.

Misalnya, Anda dapat memperbaiki slot waktu di mana mereka akan berinteraksi dengan teknologi. Sebagai orang tua, Anda perlu memahami bahwa ketika teknologi dan media tidak digunakan dengan cara yang tepat, hal-hal yang salah dapat terjadi dan membahayakan anak-anak Anda dengan cara yang tidak terduga.

2. Ketahui Kegiatan Anak-Anak Anda di Internet

Jika Anda berpikir menyerahkan smartphone atau video game dapat membuat anak-anak Anda tetap terlibat dan memberi Anda waktu untuk fokus pada pekerjaan lain, maka ini dapat menjadi bumerang bagi Anda. Karena itu, anak-anak Anda dapat mengunjungi situs web yang tidak pantas atau dapat merusak gadget yang mereka gunakan, jika Anda tidak ada.

Karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kegiatan anak-anak Anda di internet. Hanya dengan begitu, Anda dapat memandu penggunaan internet yang lebih baik dan sesuai. 

3. Tetap Awasi Penggunaan Teknologi Anak Anda

Selain mengetahui apa yang dilakukan anak-anak Anda melalui internet, Anda perlu memastikan apakah anak-anak Anda terlalu banyak terlibat dalam berinteraksi dengan teknologi.

Misalnya: jika anak-anak Anda selalu sibuk menonton televisi, bermain game di laptop atau komputer, mendengarkan lagu hanya melalui I-pod atau headphone atau tetap terobsesi dengan jam tangan pintar mereka. Setelah Anda melihat dari dekat bagaimana anak-anak Anda memanfaatkan teknologi, Anda dapat memastikan bahwa mereka menggunakannya saat dibutuhkan dan menghindari menggunakannya secara tidak perlu.

4. Ikut mereka bermain gadget

Saat Anda melihat anak-anak Anda menonton sesuatu di laptop, ponsel cerdas, atau layar televisi, cobalah untuk berpartisipasi di dalamnya. Awalnya, anak-anak Anda mungkin menunjukkan ketidaksetujuan mereka atas hal ini tetapi Anda dapat menjelaskan kepada mereka betapa baiknya menonton bersama.

Menonton bersama dan bermain bersama dapat membantu Anda membangun ikatan dan mempelajari hal-hal baru. Misalnya, jika Anda bermain video game dengan anak-anak Anda, maka Anda akan memiliki sportif. Sementara itu, Anda juga dapat berbagi pengalaman hidup Anda dengan mereka.

5. Libatkan Mereka Dalam Komunikasi Tatap Muka

Bukan berarti ketika Anda berpartisipasi dalam waktu teknologi, Anda tidak dapat berkomunikasi dengan anak-anak Anda. Jelas, Anda bisa melakukan ini. Misalkan jika Anda menonton pertunjukan maka Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan terkait pertunjukan dan pemeran. Anda juga dapat berbicara tentang pertunjukan waktu Anda.

Selain itu, ketika Anda melihat bahwa anak-anak Anda berinteraksi dengan teknologi untuk waktu berlalu dan hiburan, Anda dapat memunculkan beberapa topik baru untuk didiskusikan dengan mereka dan dengan demikian, mencegah mereka dari kecanduan teknologi. 

6. Awasi Kecanduan Teknologi Anda Sendiri

Jika Anda terlalu kecanduan menggunakan ponsel cerdas dan sangat tergantung pada berbagai teknologi, maka anak-anak Anda akan belajar hal yang sama. Untuk alasan itu, anak-anak meniru apa yang mereka lihat orang tua mereka lakukan. Karena itu, Anda harus menjadi contoh atau contoh, panutan bagi anak-anak Anda untuk membuat mereka memahami cara dan batasan penggunaan teknologi.

7. Biarkan Anak-Anak Anda Mengetahui Pro Dan Kontra Teknologi

Penting bagi anak-anak Anda untuk memiliki informasi lengkap tentang gadget atau teknologi baru yang mereka gunakan atau akan gunakan. Karena itu, Anda dapat memberi tahu anak-anak Anda tentang keuntungan dan kerugian menggunakan teknologi. Tanpa mengatakan hal yang sama, Anda tidak akan bisa membuat anak-anak Anda mengikuti aturan dan pedoman yang Anda tetapkan untuk memantau interaksi teknologi mereka.

Anda dapat berbicara tentang bagaimana penggunaan teknologi yang berlebihan dapat memengaruhi penglihatan dan studi mereka. Tetapi pastikan apa pun yang Anda katakan didukung dengan contoh dan fakta nyata. Dengan cara ini anak-anak Anda akan menanggapi kata-kata Anda dengan serius.

8. Dorong Mereka Untuk Bersosialisasi dengan Orang-Orang

Terlepas dari semua ini, fokus Anda harus pada mendorong anak-anak Anda untuk bersosialisasi dengan orang-orang dan melibatkan diri dalam permainan luar. Untuk ini, Anda bisa memberi contoh berbagai olahragawan dan atlet. Anda dapat berbicara tentang bagaimana orang-orang ini mencapai kesuksesan melalui olahraga dan kegiatan di luar ruangan. Juga, dengan mendorong mereka untuk terlibat dalam kegiatan sosial, Anda akan memberi mereka kesempatan untuk mengenal orang-orang dalam kehidupan nyata. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting

Sumber : Boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top