Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mengatasi Masalah Kulit Dehidrasi

Sebagian besar dari kita berpendapat bahwa kulit kering dan kulit dehidrasi adalah sama. Karenanya, nyaris semua orang melakukan treatment yang sama.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Desember 2019  |  12:11 WIB
Kulit kering - Istimewa
Kulit kering - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebagian besar dari kita berpendapat bahwa kulit kering dan kulit dehidrasi adalah sama. Karenanya, nyaris semua orang melakukan treatment yang sama.

Padahal, dua masalah kulit itu berbeda satu sama lain, sehingga butuh penanganan yang berbeda pula.

Lantas, apa sebenarnya perbedaan antara kulit kering dan dehidrasi? Sederhananya, kulit kering adalah jenis kulit seseorang, sedangkan kulit dehidrasi adalah kondisi kulit yang bisa datang dan pergi.

Anda memiliki kulit kering jika kulit Anda tidak menghasilkan minyak yang cukup atau kekurangan lemak. Sebaliknya, kulit yang mengalami dehidrasi disebabkan oleh kurangnya air. Kulit Anda dapat kekurangan air karena berbagai alasan seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, pola makan yang tidak tepat, penggunaan produk kosmetik yang salah dan cuaca. Yang juga penting untuk diketahui adalah kulit Anda bisa berminyak dan mengalami dehidrasi pada saat bersamaan. Anda perlu mengisi kembali kelembaban di kulit Anda untuk menyingkirkan kulit yang dehidrasi.

Untuk memutuskan tindakan penanganan, pertama Anda perlu tahu apakah Anda memiliki kulit kering atau dehidrasi. Berikut adalah tanda-tanda tertentu yang dapat membantu Anda.

Karakteristik kulit kering yakni kulit kasar, seluruh tubuh terasa kering, penyerpihan, mungkin menyakitkan, dan muncul bercak merah. Sedangkan karakteristik kulit dehidrasi yakni terlihat menjemukan, terasa gatal, penampilan keriput yang dipercepat dan garis-garis halus, di bawah mata gelap, terasa kencang, kulit menjadi sensitif, peradangan, dan adanya perubahan tekstur kulit dengan perubahan cuaca

Berikut adalah beberapa alasan utama yang dapat menyebabkan kulit dehidrasi

1. Menggunakan produk perawatan kulit yang salah

Menggunakan produk yang ditujukan untuk jenis kulit Anda adalah saran perawatan kulit yang harus Anda ikuti. Menggunakan produk yang tidak dimaksudkan untuk jenis kulit Anda bisa menjadi terlalu keras atau tidak efektif untuk kulit Anda dan karenanya meningkatkan kemungkinan kulit Anda mengalami dehidrasi karena kulit Anda tidak mendapatkan makanan yang dibutuhkan.

Selain itu, menggunakan produk yang ditujukan untuk tubuh Anda di wajah adalah penyebab utama lain dari kulit kering. Kesalahan paling umum yang kita lakukan adalah menggunakan body lotion di wajah untuk melembabkan. Berhentilah melakukannya segera.

2. Paparan sinar matahari berlebihan

Kerusakan akibat sinar matahari adalah jenis kerusakan terburuk yang dapat terjadi pada kulit Anda. Paparan sinar matahari yang berbahaya secara berlebihan dapat mengeringkan kulit Anda, meningkatkan proses penuaan kulit, meningkatkan radikal bebas di kulit dan karenanya menyebabkan banyak kerusakan. Jadi, disarankan untuk tidak keluar di bawah sinar matahari tanpa SPF dan untuk selalu menutupi kulit Anda saat Anda bepergian.

3. Pemandian air panas

Air panas mengupas kelembaban kulit Anda dan dengan demikian dapat membuat kulit Anda dehidrasi. Jadi, betapapun dinginnya cuaca, gunakan air hangat untuk mencuci muka atau mandi jika Anda ingin kulit sehat dan kenyal.

4. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, begitu juga kulit Anda. Dan seiring bertambahnya usia kulit Anda, kemampuannya untuk menahan air berkurang. Seiring bertambahnya usia, ada perubahan struktural tertentu pada kulit Anda juga yang membuat kulit Anda sulit untuk bangkit kembali semudah dulu. Dan dengan demikian kulit Anda menjadi dehidrasi [4]. Dan ketika kulit Anda mengalami dehidrasi, tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih menonjol.

Berikut cara mengatasi kulit dehidrasi.

1. Eksfoliasi kulit Anda secara teratur

Pengelupasan kulit adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit kita melepaskan sel-sel dan kita memiliki penumpukan sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini menghalangi pori-pori kulit kita dan menghambat penyerapan pelembab pada kulit dan dengan demikian dapat mengeringkan kulit Anda. Pengelupasan kulit menghilangkan sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit Anda.

2. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar UV berbahaya dari matahari adalah alasan utama di balik kulit dehidrasi. Jadi, untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, selalu oleskan tabir surya di wajah Anda dengan SPF minimal 15.

3. Hindari merokok dan minum.

Konsumsi alkohol secara teratur dan berkepanjangan dan merokok sangat mengeringkan kulit. Tidak hanya itu, ia juga memicu proses penuaan kulit dengan garis-garis halus dan kerutan menjadi lebih terlihat. Merokok dan minum merusak kulit secara luas dan menyebabkan berjerawat dan masalah kulit lainnya.

4. Ubah rutinitas perawatan kulit Anda dengan perubahan musim

Perubahan cuaca juga menyebabkan kulit dehidrasi, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Jadi, Anda harus siap musim dan meningkatkan rutinitas perawatan kulit Anda dengan perubahan musim.

5. Tingkatkan pelembab Anda

Kulit kering Anda perlu dilembabkan dan pelembab biasa Anda tidak akan melakukannya. Jadi, Anda perlu bersiap dan beralih ke pelembab yang lebih berat, terutama pada malam hari. Bersihkan kulit Anda dengan benar sebelum tidur dan oleskan pelembab yang bagus. Itu pasti akan membantu.

6. Makan sehat

Diet yang tepat dan bergizi dapat membantu menjaga kulit dehidrasi di teluk. Jadi, singkirkan junk food itu dan nikmati makanan yang sehat dan lezat. Sertakan buah-buahan dan sayuran berdaun hijau dalam makanan Anda dan kurangi konsumsi makanan tinggi gula dan berminyak.

7. Minum banyak air

Untuk mengatasi masalah kulit kering, Anda harus bekerja dari dalam ke luar. Minum banyak air adalah langkah besar untuk memastikan kulit Anda tidak mengalami dehidrasi. Dan jika air biasa sedikit membosankan, beralihlah ke minuman seperti jus buah dan air kelapa.

8. Periksa bahan-bahannya sebelum Anda membeli produk apa pun

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang harus Anda kenakan di kulit Anda dan apa yang seharusnya tidak Anda lakukan. Dan itu menjadi lebih penting jika Anda memiliki kulit dehidrasi. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus Anda anjurkan dan yang harus Anda hindari jika Anda memiliki kulit kering.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top