Kemenkes : 43 Suspek Virus Corona Dinyatakan Negatif, 4 Orang Masih Diperiksa

Kementerian Kesehatan telah memeriksa 47 spesimen dari para orang yang diduga terjangkit novel coronavirus. Hasilnya hingga Kamis (6/2/2020), belum ditemukan kasus novel coronavirus positif.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 06 Februari 2020  |  16:56 WIB
Kemenkes : 43 Suspek Virus Corona Dinyatakan Negatif, 4 Orang Masih Diperiksa
Tim medis mengevakuasi seorang pasien menuju Ruang Isolasi Khusus saat kegiatan simulasi penanganan virus Corona di RSUD Dr. Loekmono Hadi, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (1/2/2020). Simulasi tersebut untuk antisipasi penyebaran sekaligus melatih kesiapsiagaan tim medis rumah sakit itu dalam menangani pasien suspect virus Corona. - ANTARA / Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan telah memeriksa 47 spesimen dari orang yang diduga terjangkit novel coronavirus. Hasilnya hingga Kamis (6/2/2020), belum ditemukan kasus novel coronavirus positif.

"Kami mendapatkan laporan dari laboratorium Badan Litbangkes yang menguji 47 spesimen yang dikirimkan dari 28 rumah sakit (RS). Hasilnya 43 dinyatakan negatif dan 4 masih dalam proses pemeriksaan," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, Kamis (6/2/2020).

Anung menambahkan Kementerian Kesehatan juga mengamati angka kematian kejadian pneumonia untuk mendeteksi kasus coronavirus jenis baru ini. Sebagai informasi, infeksi virus coronavirus baru yang ditemukan di Wuhan, China, menyebabkan pneumonia atau radang paru-paru.

Hingga saat ini, kata Anung, data menunjukkan tidak ada peningkatan signifikan terhadap angka kematian akibat pneumonia di Indonesia.

"Ada bukti bahwa kejadian pneumonia yang dilaporkan, tidak ada informasi tentang kematian pneumonia yang meningkat signifikan. Saya meyakini sampai sekarang belum ada yang kena coronavirus di Indonesia," kata Anung.

Sementara itu, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 5 Februari 2020, sebanyak 24.554 orang telah terkonfirmasi terjangkit virus corona dengan peningkatan 3.219 kasus baru. Sebanyak 491 orang meninggal dunia. Hampir seluruh pasien dan korban jiwa berasal dari China.

Sebanyak 216 kasus juga dilaporkan di 24 negara lainnya. Negara terakhir yang melaporkan kasus coronavirus adalah Belgia. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top