Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 5 Manfaat Zumba Bagi Fisik dan Mental

Zumba memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena melakukan gerakan tari dengan musik cepat yang gembira.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  12:01 WIB
Tari zumba - Istimewa
Tari zumba - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga Zumba dikenal sebagai aktivitas fisik yang membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Padahal, kepopuleran aktivitas ini memiliki lima manfaat lain yang signifikan bagi para penikmatnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, Jumat (7/2/2020), asal kata ‘Zumba’ berarti bersenang-senang dan bergerak cepat dalam Bahasa Kolombia. Senam Zumba adalah rangkaian olahraga atau senam jantung yang menyenangkan dan mudah diikuti. Gerakan aerobik berbasis tarian ini diiringi paduan musik Latin dan internasional, dengan kombinasi irama yang cepat dan pelan.

Zumba diciptakan tanpa sengaja oleh Alberto Perez, instruktur aerobik. Tak disangka pada suatu hari, dia lupa membawa musik yang biasa digunakan. Lalu Perez memutar musik dansa yang biasa digunakannya untuk menari.

Menakjubkan, dia pun mampu menciptakan gerakan-gerakan yang hamonis dengan senam aerobik melalui musik tersebut. Beruntung, pesertanya sangat menyukai gerakan tersebut. Mulai 2002, Perez menggandeng pengusaha dan mulai menjual DVD senam dengan musik Latin yang mereka namakan Zumba.

Senam Zumba mulai mendunia ketika Perez mulai menulis panduan dan memberikan pelatihan Zumba. Kini, Zumba telah dipraktikkan di lebih dari 40 negara. Selain untuk orang dewasa, terdapat juga program Zumbatomic untuk anak-anak usia 5-12 tahun. Selain dengan iringan musik Latin, kini musik Zumba menjadi lebih beragam dengan diiringi jenis musik lainnya, seperti hip-hop.

Zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh, sehingga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung.

Alhasil, Zumba memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena melakukan gerakan tari dengan musik cepat yang gembira. Oleh sebab itu, selain Zumba membuat tubuh bugar namun hati ikut gembira karena dilakukan dengan iringan musik ceria. Berikut sejumlah manfaat lain dari Zumba yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental anda;

1. Membuat pikiran lebih tajam.

Rangkaian gerakan Zumba membuat orang perlu mengingat tahap demi tahap gerakan tersebut untuk dapat mempraktikkannya sehingga mempertajam ingatan. Pikiran yang tajam akan membantu Anda lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

2. Meningkatkan koordinasi antar-anggota tubuh.

Gerakan yang sangat kreatif meningkatkan kemampuan dan koordinasi antar-anggota tubuh. Ini akan meningkatkan insting atletis dalam tubuhmu.

3. Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang.

Gerakan-gerakan Zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian-bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang belakang, seperti otot punggung, bokong, perut, dan paha. Kamu juga dapat melatih beberapa gerakan pada bagian tubuh tertentu untuk mencapai bentuk tubuh yang kamu inginkan.

4. Mendorong peningkatan motivasi dan semangat hidup

Melakukan olahraga yang menyenangkan seperti Zumba juga memotivasi Anda untuk melakukannya secara teratur, sehingga manfaatnya lebih banyak. Apalagi jika Zumba yang dilakukan secara bersama-sama, menjadikan Anda lebih aktif dalam bersosialisasi dan bertemu teman baru.

5. Minim risiko cedera

Sejumlah gerakan pada Zumba sengaja dirancang untuk mudah dipraktikkan oleh orang  dengan berbagai usia, tingkat kebugaran, dan kemampuan. Oleh sebab itu, oahraga ini juga dapat dimodifikasi menjadi lebih ringan, sehingga dapat menjadi olahraga low-impact yang bisa dipraktikkan oleh lansia dan pemula.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zumba dance
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top