Tips Mencegah Virus Corona Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Siapa saja dengan imunitas yang rendah dan penyakit penyerta dapat terpapar virus ini, terutama ibu hamil dan ibu menyusui.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  13:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bertambahnya jumlah pasien terinfeksi virus corona atau COVID-19 semakin mengkhawatirkan karena penyebaran virus ini begitu cepat dan tidak pandang bulu.

Siapa saja dengan imunitas yang rendah dan penyakit penyerta dapat terpapar virus ini, terutama ibu hamil dan ibu menyusui. Bahkan dari jumlah pasien terdata terakhir, terdapat dua balita yang terpapar virus yang beberapa waktu lalu dinyatakan sebagai pandemi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dari fakta di atas, Kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA) dr Ulul Albab, meminta agar ibu hamil dan menyusui harus tetap waspada di tengah penyebaran virus corona ini.

Berikut adalah rekomendasi POGI JAYA terkait keselamatan ibu hamil dan menyusui agar tidak terpapar COVID-19 :

1. Konsumsi makanan yang bergizi dan sehat beserta vitamin bagi ibu hamil

2. Hindari keluar rumah apabila tidak diperlukan. Apabila harus keluar rumah, kenakan pakaian tertutup rapat dan masker. Sekembalinya dari rumah, bersihkan badan segera dengan mandi, dan jangan dekati anak sebelum membersihkan badan.

3. Hindari berada di keramaian. Upayakan menjaga jarak satu sama lain apabila beraada di keramaian.

4. Apabila pada ibu menyusui terdapat gejala flu, demam, sewaktu memberikan ASI, sebaiknya tidak diberikan secara langsung, melainkan dipompa terlebih dahulu dan diberikan melalui peralatan lainnya (sendok, dot botol, dll)

5. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasa kurang sehat dan memiliki gejala mirip flu.

6. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai tindakan pencegahan lainnya yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona, Virus Corona

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top