Tips Bekerja Profesional saat Work from Home

Google, berdasarkan hasil riset internal People Innovation Lab 2019, menemukan bekerja dari rumah sama efektifnya dengan bekerja di kantor, tapi prosesnya belum tentu mudah dan menyenangkan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Maret 2020  |  13:19 WIB
Tips Bekerja Profesional saat Work from Home
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di rumah dinasnya, Rabu (18/3/2020). Rapat melalui video conference dilakukan seiring dengan arahan work from home dari presinden. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah meminta perusahaan untuk sementara menghentikan kegiatan di kantor dan mulai bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk mengatasi penyebaran virus novel corona.

Google, berdasarkan hasil riset internal People Innovation Lab 2019, menemukan bekerja dari rumah sama efektifnya dengan bekerja di kantor, tapi prosesnya belum tentu mudah dan menyenangkan.

Google selama dua tahun meneliti 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan untuk mengetahui tantangan apa saja yang muncul ketika bekerja dari rumah. Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah "apa saja yang harus saya tanyakan ketika bekerja dari rumah?

Apa saja hal-hal penting yang harus sasa lakukan saat bekerja dari rumah?

Berikut 5 tips dari Google agar tetap profesional saat bekerja dari rumah: 

Bicara dengan rekan kerja

Buat peluang agar bisa berkomunikasi ringan dengan rekan-rekan kerja seperti ketika berada di kantor. Pertimbangkan membuat grup mengobrol untuk menjawab pertanyaan seputar pekerjaan sampai berkirim pesan-pesan lucu.

Obrolan ringan juga bisa dilakukan saat rapat melalui panggilan video, video call, misalnya menanyakan kabar atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Hadir dan menyimak

Ketika sedang rapat secara virtual, aktifkan mikrofon, simak dan respons penjelasan rekan kerja misalnya dengan anggukan kepala, "hmm", "ya", atau "ide bagus". Jauhkan ponsel saat sedang panggilan video, kecuali benar-benar membutuhkan misalnya untuk mencatat. Pastikan wajah terlihat jelas di layar, jangan lupa lakukan kontak mata dan ekspresikan.

Beri kesempatan berbicara

Saat rapat melalui konferensi video, beri kesempatan jika ada rekan kerja yang terlihat ingin berbicara.

 Jika memungkinkan dahulukan rekan kerja yang sedang mengalami kendala, misalnya lokasi rumah jauh sehingga mungkin terkendala koneksi internet.

Sepakati aturan bersama

Meski pun sedang bekerja dari rumah, sepakati waktu kerja dengan rekan-rekan satu tim, salah satunya kapan waktu untuk menjawab email dan kapan berhenti berhenti berkomunikasi.

Makan bersama

Untuk menjalin komunikasi yang erat dengan rekan kerja, pertimbangkan mengadakan rapat melalui video call tanpa agenda khusus, hanya untuk menanyakan kabar masing-masing. Untuk mempererat keakraban dalam anggota tim, adakan rapat sambil makan bersama di rumah-masing, seolah sedang bertemu langsung.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona, Work From Home

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top