Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cek Fakta : Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona

Sebuah informasi beredar di aplikasi percakapan WhatsApp tentang mengunyah daun sirih setiap hari dapat mencegah seseorang terpapar virus corona
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  07:42 WIB
Daun sirih - Mia Chitra Dinisari
Daun sirih - Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA - Benarkah daun sirih bisa mencegah seseorang terpapar virus corona?

Sebuah informasi beredar di aplikasi percakapan WhatsApp tentang mengunyah daun sirih setiap hari dapat mencegah seseorang terpapar virus corona.

Kabar yang diklaim berasal dari seorang dokter di Singapura itu berisi mengunyah dauh sirih setidaknya satu kali sehari, terutama pada pagi hari, dapat menangkal virus penyebab COVID-19 karena daun sirih mengandung anti-septik.

Kandungan antiseptik itu bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan sebagai lokasi pertama serangan virus penyebab COVID-19.

Namun, benarkah daun sirih dapat menangkal virus corona dengan cara dikunyah?

Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan daun sirih memang memiliki fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus 2019-nCoV, penyebab penyakit COVID-19.

Kendati demikian, penggunaan daun sirih sebagai antiseptik pencuci tangan perlu memerhatikan ukuran, dosis dan konsentrasi secara tepat, sehingga tidak menimbulkan resistensi sebagaimana dikutip dari berita ANTARA berjudul "HAKLI: Daun sirih bisa digunakan untuk antiseptik cegah COVID-19".

Dalam berita itu tidak ditemukan pernyataan Arif Sumantri terkait pemanfaatan daun sirih untuk mencegah virus penyebab COVID-19 di tenggorokan.

Manfaat antiseptik dalam daun sirih untuk tenggorokan juga tidak terdapat dalam situs Alodokter.com berjudul "Berbagai Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan". Tapi, antiseptik dalam daun sirih memang dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan tangan.

Di sisi lain, konsumsi daun sirih secara intensif mempunyai efek samping jika tidak dalam takaran yang sesuai, terutama bagi kesehatan mulut dan gigi.

Dalam artikel Hellosehat.com berjudul "Membongkar Manfaat dan Bahaya di Balik Tradisi Menyirih", daun sirih dapat menyebabkan kanker mulut, luka pada rongga mulut, dan gangguan janin jika dikonsumsi secara intensif.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan mengunyah dauh sirih dapat mencegah virus penyebab COVID-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top