Ilustrasi film/
Entertainment

10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Film Nasional

Nirmala Aninda
Senin, 30 Maret 2020 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insan perfilman Indonesia merayakan Hari Film Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret.

Tanggal ini ditetapkan oleh Konferensi Kerja Dewan Film Indonesia pada 11 Oktober 1962 dengan mempertimbangkan hari syuting pertama pembuatan film nasional pertama berjudul The Long March atau Darah & Doa, yang disutradarai oleh Usmar Ismail, pada 30 Maret 1950 silam.

Hari Film Nasional disahkan oleh pemerintah tiga dekade kemudian melalui Keputusan Presiden No 25 tahun 1999 tentang Penetapan Tanggal 30 Maret Sebagai Hari Film Nasional yang ditandatangani Presiden BJ Habibie.

Namun, ini bukan film pertama yang diproduksi oleh sineas Indonesia. Menurut beberapa catatan, Loetoeng Kasaroeng (1926) adalah film pertama yang dibuat di Indonesia.

Meskipun kali ini dirayakan dengan cukup berada di rumah saja, kita tetap dapat merayakan karya seni perfilman Indonesia.

Beberapa layanan streaming legal menyediakan sejumlah koleksi film Indonesia dari berbagai genre yang digandrungi penonton seperti komedi drama, horor, laga hingga film biopik dan sejarah.

Film-film seperti Laskar Pelangi (2008), The Raid (2011), dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017) yang diakui secara internasional termasuk dalam daftar film nasional yang patut Anda saksikan. Ada banyak lagi koleksi film nasional yang tersedia di layanan streaming seperti:

1. Aruna dan Lidahnya (2018)

Aruna melakukan petualangan kuliner bersama kedua sahabatnya, Bono dan Nadezhda di lima kota mulai dari Jakarta, Surabaya, Pamekasan, Pontianak hingga Singkawang. Dalam perjalanannya Aruna berjumpa dengan seseorang dari masa lalunya, Farish. Mereka bersama melakukan perjalanan kuliner, diselingi konflik yang akan mengubah hubungan keempatnya.

10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Film Nasional

2. 5 cm (2012)

Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan. Mereka berjanji untuk bertemu pada bulan Agustus dan merayakanya dengan melakukan perjalanan yang penuh impian dan tantangan. (Seri kedua: Kisah Cinta Hingga Tiga Pemanah)

10 Rekomendasi Film Indonesia di Hari Film Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro