Hyper parenting/cbc.ca
Health

Dampingi Anak Belajar di Rumah, Orang Tua Jaga Kesehatan Mental

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kesehatan mental orangtua khususnya kaum ibu menjadi kunci utama mendampingi proses belajar anak dari rumah.

Menurut Lady Noor Chita, Co-Founder Ibunda.id, layanan psikologi daring untuk orangtua, tantangan mendidik anak belajar dari rumah memang menantang dan berpotensi menimbulkan stres. Pihaknya menerima banyak laporan masalah psikologis orangtua yang kini harus menerapkan peran ganda dalam rumah.

Chita menegaskan, penting membagi waktu yang jelas bagi anggota keluarga, jam berapa orangtua mendampingi anak, dan jam berapa orangtua bekerja. Selain itu, perlu dibiasakan pula batasan waktu yang sudah dikomunikasikan dengan semua anggota keluarga.

"Suami dan istri harus membagi beban, untuk meminimalisir masalah dan beban,” terang Chita dalam webinar Ruang Perempuan, beberapa waktu yang lalu.

Selain pembagian tugas, Chita menegaskan orangtua juga perlu mengambil jeda dari aktivitas di rumah.

Dia menegaskan, jangan sampai, orangtua terlalu sibuk mengurus anak, mengurus rumah tangga, dan tidak memiliki waktu sendiri untuk mengerjakan hobi.

“Harus ada jedanya, jangan non-stop kerja, masak, puasa, mengurus anak, harus ada jeda agar tidak menjadi bom waktu berupa kemarahan dan stres,” ungkap Chita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro