Anak sakit/boldsky.com
Health

14 Mitos Seputar Virus Corona yang Terpatahkan Keilmuan

Desyinta Nuraini
Kamis, 16 Juli 2020 - 13:23
Bagikan

Bagian 2

4. Anak-anak tidak dapat terinfeksi coronavirus
Anak-anak pasti dapat terkena Covid-19, meskipun laporan penyakit serius pada anak jarang terjadi. Sebuah penelitian CDC terhadap lebih dari 1,3 juta kasus Covid-19 di AS dari Januari hingga Mei menemukan bahwa tingkat infeksi yang dikonfirmasi pada anak di bawah 9 tahun adalah 52 kasus per 100.000 orang pada populasi anak-anak itu; yang dibandingkan dengan rata-rata 400 kasus (dari segala usia) per 100.000 orang dalam populasi AS secara keseluruhan.

Studi CDC lain menemukan bahwa di antara 52.000 yang melaporkan kematian COVID-19 dari Februari hingga Mei, hanya 16 kematian dilaporkan pada orang di bawah usia 18 tahun. Meski begitu, tidak semua anak terhindar dari Covid-19. Dalam kasus yang jarang, anak-anak dengan infeksi Covid-19 saat ini atau sebelumnya telah mengembangkan apa yang disebut sindrom inflamasi multisistem (MIS-C). Gejala sindrom ini dapat bervariasi, tetapi pasien tampaknya memiliki gejala yang mirip dengan yang ditemukan dalam dua kondisi langka: sindrom syok toksik dan penyakit Kawasaki.

Sindrom syok toksik adalah kondisi yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh bakteri jenis tertentu; Penyakit Kawasaki adalah penyakit masa kecil yang menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah, dan pada kasus yang serius dapat menyebabkan kerusakan jantung.

5. Jika terinfeksi coronavirus, Anda akan mengetahuinya. Tidak, kamu tidak akan. Covid-19 menyebabkan berbagai gejala, banyak di antaranya muncul pada penyakit pernapasan lainnya seperti flu dan pilek. Secara khusus, gejala umum Covid-19 termasuk demam, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot atau tubuh, kesulitan bernafas, mual dan muntah. Dalam kasus yang parah, penyakit ini dapat berkembang menjadi penyakit seperti radang paru-paru yang serius, tetapi pada awalnya, orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali. Dan beberapa orang tidak pernah mengalami gejala.

6. Virus corona tidak begitu mematikan dibandingkan flu. Meskipun tingkat kematian untuk Covid-19 tidak jelas, hampir semua penelitian yang kredibel menunjukkan itu jauh lebih tinggi daripada flu musiman, yang memiliki tingkat kematian sekitar 0,1% di AS.

Di antara kasus Covid-19 yang dilaporkan di AS, sekitar 4% telah meninggal, menurut data dari Johns Hopkins University. Inilah yang dikenal sebagai tingkat fatalitas kasus, yang ditentukan dengan membagi jumlah kematian dengan jumlah total kasus yang dikonfirmasi. Tetapi tingkat fatalitas kasus terbatas karena beberapa alasan. Pertama, tidak semua orang dengan Covid-19 didiagnosis dengan penyakit ini. Ketika jumlah kasus yang dikonfirmasi naik, tingkat kematian dapat menurun.

Banyak penelitian memperkirakan bahwa sekitar 0,5% hingga 1% orang yang terinfeksi Covid-19 akan meninggal karena penyakit ini, menurut Nature News. Bahkan angka kematian sekitar 1% masih 10 kali lebih tinggi dari flu.
Sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa di AS, ada 20 kali lebih banyak kematian per minggu akibat Covid-19 daripada dari flu saat musim influenza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro