Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Sirkulasi Darah di Kaki Pakai 5 Cara Ini

Berjalan cepat selama 20 hingga 30 menit setiap hari untuk hasil terbaik, bisa meningkatkan sirkulasi darah di kaki.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  19:40 WIB
Olahraga di rumah - istimewa
Olahraga di rumah - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi virus corona, aktivitas fisik menjadi terbatas, terutama mereka yang bekerja dari rumah. Tampaknya tak ada waktu banyak untuk menggerakkan tubuh karena sejak pagi hingga malam, harus berhadapan dengan perangkat elektronik untuk mengerjakan tugas dari kantor.

Tentu kondisi ini tidak bagus bagi kesehatan. Sirkulasi darah terutama yang menuju ke kaki menjadi terhambat karena terlalu banyak duduk. Ini berarti oksigen dan sejumlah nutrisi tidak mencapai bagian bawah tubuh.

Melansir Times of India, Rabu (22/7/2020), ada sejumlah gerakan yang dapat dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah hingga ke kaki.

Pertama, glute bridge. Untuk melakukan gerakan ini, dimulai dengan berbaring telentang dengan tangan di sisi tubuh. Tekuk lutut dan pastikan kaki berada di lantai. Kemudian tekan bagian belakang lengan di lantai dan angkat pinggul ke atas. Pada saat yang sama, gali tumit ke tanah. Ulangi hal yang sama selama 15 hingga 20 kali pengulangan.

Kedua, leg swings. Gerakan ini paling baik dilakukan dengan dukungan pintu. Gunakan kusen pintu untuk stabilitas atau keseimbangan. Mulailah mengayunkan kaki maju dan mundur. Berdiri tegak dan jangan biarkan gerakan kaki mengubah posisi Anda. Latihan ini dapat diulang 10 hingga 15 kali untuk setiap kaki.

Ketiga, Foam rolling. Mulailah dalam posisi duduk. Rentangkan kaki di depan dan letakkan rol busa di bawah betis. Kemudian, angkat tubuh dan mulai berguling-guling. Jangan biarkan rol mencapai bagian belakang lutut. Ulangi hal yang sama menggunakan paha belakang. Anda dapat menyelesaikan dengan papan dan menggunakan roller untuk paha depan Anda juga.

Keempat, Half kneeling hip flexor. Untuk latihan, mulailah dengan berlutut dengan tangan di lantai, di depan sofa. Tempatkan bagian belakang kaki Lurus di sofa sementara kaki yang lainnya menekuk menyentuh lantai. Ini membawa Anda ke posisi setengah berlutut. Anda mungkin merasakan regangan di bagian depan pinggul dan bagian belakang paha. Tahan posisi ini selama 45 hingga 60 detik.

Kelima, berjalan. Bangun adalah olahraga paling ideal untuk meningkatkan sirkulasi ke kaki Anda. Berjalan cepat selama 20 hingga 30 menit setiap hari untuk hasil terbaik. Anda juga bisa menantang diri sendiri dengan menambahkan tanjakan seperti bukit dan tangga atau juga dengan mengenakan beban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pejalan kaki lari tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top