Jogging. /Reuters
Fashion

Gaya Hidup Sehat Membumi, Penjualan Produk Outdoor Mulai Menggemuk

Rezha Hadyan
Senin, 31 Agustus 2020 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gaya hidup sehat diikuti dengan tingginya minat masyarakat untuk berolahraga menjadi berkah tersendiri bagi produsen pakaian dan perlengkapan olahraga luar ruang atau jelajah alam.

Setelah babak belur dihajar pandemi Covid-19, kini produsen pakaian dan perlengkapan olahraga luar ruang kembali bangkit berkat tingginya permintaan dari masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger) Ronny Lukito, perubahan gaya hidup masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru berhasil mendongkrak penjualan produk-produk Eiger yang sempat anjlok. Produk yang banyak dicari adalah produk-produk untuk aktivitas bersepeda.

“Maret, April, Mei ini benar-benar anjlok [penjualan], setelah Idulfitri ini baru ekonomi mulai bergerak. Masa adaptasi kebiasaan baru masyarakat mulai beraktivitas keluar dan mencari produk-produk outdoor. Pakaian dan perlengkapan sepeda, terutama tas paling banyak diburu,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Awalnya Eiger dikenal sebagai produsen pakaian dan perlengkapan untuk aktivitas penjelajahan alam bebas saja. Namun, perusahaan yang berbasis di Bandung, Jawa Barat itu kini mulai merambah ke aktivitas olahraga lainnya seperti berlari, bersepeda, dan olahraga kebugaran (fitness).

Ronny mengungkapkan penjualan produk-produk Eiger saat ini terbantu oleh penjualan daring di situs resmi dan platform dagang el. Walaupun kenaikannya lumayan signifikan, penjualan di gerai fisik masih tetap mendominasi.

“[Kenaikannya] 300 persen untuk [penjualan] online ini. Online ini didominasi produk-produk basic seperti tas yang kualitasnya sudah dikenal dari dulu oleh masyarakat. Online ini [penjualannya] belum seberapa lah tapi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya masih berupaya untuk menambah gerai Eiger yang berdiri sendiri untuk menjaring konsumen baru. Menurut Ronny, penjualan di gerai-gerai yang berdiri sendiri selama pandemi Covid-19 penurunannya tak terlalu parah seperti gerai-gerai yang ada di pusat perbelanjaan atau mal.

“Di gerai yang berdiri sendiri di ruko itu turun 30 persen, tetapi di mal itu turunnya bisa sampai 60-70 persen dan mau tidak mau ditutup. Tetapi memang sejak beberapa tahun terakhir model bisnis kita berubah, tidak lagi mengandalkan gerai di mal atau department store. Konsumen perilakunya berubah,” tuturnya.

Adapun kedepannya, Ronny menyebut pihaknya akan menambah jumlah gerai yang kini sudah mencapai 300-an di seluruh Indonesia. Termasuk diantaranya adalah gerai Eiger Flagship Store yang dilengkapi dengan kedai kopi di dalamnya.

Terakhir pada akhir Agustus 2020, Eiger membuka gerai terbarunya di Pandeglang, Banten yang tak lain adalah kota lapis kedua. Diharapkan dengan penambahan gerai di kota-kota lapis kedua itu penjualan bisa kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

“Sekarang memang sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan saat awal-awal pandemi, tetapi masih belum 100 persen. Masih sekitar 75 persen mungkin,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro