Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan dari Menang Pertandingan, 13 Atlet Raih Kekayaan dari Sponsorship

Meskipun menang pertandingan berkali-kali, para atlet lebih banyak mendapatkan uang dari sponsorship.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 11 September 2020  |  19:55 WIB
Michael Jordan. - NBA
Michael Jordan. - NBA

Bisnis.com, JAKARTA -- Para atlet memang menjadi golongan orang dengan penghasilan sangat tinggi di dunia.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (11/9/2020), di luar dari penghasilan berkat kemenangan pertandingan, banyak atlet yang punya penghasilan tinggi justru dari kegiatan sponsorship dan endorsement.

Berikut 13 atlet dengan biaya kontrak tertinggi di luar pertandingan olahraga menurut Forbes Annual Lists.

1. Lebron James

Pemain basket ini ternyata punya porsi 61% penghasilan bersumber dari endorsements. Adapun total pendapatan dia adalah US$85,5 juta. Rata-rata upah kemenangan sekitar US$33,5 juta, dan sisanya penghasilan dari endorsements mencapai US$52 juta.

2. Roger Federer

Sekitar 84% dari penghasilan petenis Roger Federer justru bersumber dari endorsements. Pasalnya, total pendapatan Federer diperkirakan US$77,2 juta, dengan rata-rata upah kemenangan sebesar US$12,2 juta. Alhasil pendapatan dari endorsements justru melejit hingga mencapai US$65 juta.

3. Stephen Curry

Sekitar 55% dari penghasilan Stephen Curry ternyata bersumber dari endorsements. Curry mencatatkan rerata total pendapatan sebesar US$76,9 juta. Adapun upah kemenangan berkisar US$34,9 juta dan sisanya endorsements sebesar US$42 juta.

4. Kevin Durant

Sekitar 56% dari penghasilan pemain basket ini bersumber dari endorsements yaitu US$32 juta. Pasalnya total pendapatan Durant tercatat US$57,3 juta dengan upah kemenangan hanya US$25,3 juta

5. Tiger Woods

Tak tanggung-tanggung, pemain golf ini ternyata 97% dari penghasilan dia bersumber dari endorsements yaitu US$42 juta. Adapun total pendapatan Woods sekitar US$43,3 juta, dengan upah kemenangan hanya US$1,3 juta.

6. Rafael Nadal

Sekitar 65% dari penghasilan Rafael Nadal juga bersumber dari endorsements.Total pendapatan Nadal diperkirakan US$41,4 juta dengan upah kemenangan US$14,4 juta. Alhasil pendapatan Nadal dari kegiatan endorsements mencapai US$27 juta.

7. Phil Mickelson

Sekitar 90% dari penghasilan Phil Mickelson bersumber dari endorsements yakni US$37 juta. Total pendapatan Mickelson adalah US$41,3 juta, dengan upah hasil kemenangan sebesar US$4,3 juta.

8. Jordan Spieth

Sekitar 73% dari penghasilan bersumber Spieth dari endorsements. Pasalnya, total pendapatan dia tercatat sekitar US$41,2 juta dengan upah kemenangan sekitar US$11,2 juta. Artinya, pendapatan Jordan Spieth dari endorsements sekitar US$30 juta.

9. Rory McIlroy

Pegolf satu ini ternyata memiliki 90% pendapatan yang bersumber dari endorsements. Jumlah penghasilan McIlroy dari endorsment diperkirakan mencapai US$34 juta. Adapun total pendapatan keseluruhan Rory McIlroy adalah US$37,7 juta sehingga upah kemenangan yang dia dapatkan hanya sekitar US$3,7 juta.

10. Kei Nishikori

Sekitar 95% pendapatan Kei Nishikori bersumber dari endorsements. Nishokori memiliki total pendapatan sekitar US$34,6 juta dan upah kemenangan US$1,6 juta. Artinya pendapatan Nishikori dari endorsements justru mencapai US$33 juta.

11. Usain Bolt

Sama dengan Tiger Wood, 97% pendapatan Usain Bolt justru bersumber dari endorsements. Total nilai pendapatan hasil endorsements diperkirakan mencapai US30 juta. Sementara total pendapatan dia adalah US$31 juta. Artinya upah kemenangan yang diterima Usain Bolt hanya US$1 juta.

12. Virat Kohli

Sekitar 83% pendapatan dari atlet asal India ini bersumber dari endorsements. Adapun total pendapatan Virat Kohli diperkirakan sekitar US$24 juta dengan rerata upah kemenangan US$4 juta. Total penerimaan dari endorsements mencapai US$20 juta.

13. Novak Djokovic

Sekitar 94% pendapatan atlet satu ini juga bersumber dari endorsements. Pasalnya, total pendapatan Novak diperkirakan mencapai US$23,5 juta. Adapun upah kemenangan yang diterima hanyalah US$1,5 juta. Total endorsements yang dia dapatkan adalah US$22 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hasil pertandingan atlet sponsorship
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top