Roger Federer
Entertainment

Ini 9 Atlet Dunia yang Kaya dari Sponsor

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 11 September 2020 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Para atlet dari berbagai cabang olahraga ternyata memiliki pemasukan yang cukup besar dari sponsor.

Dikutip dari situs resmi Pledge Sports, Jumat (11/9/2029), beriku 9 atlet dari berbagai cabang olahraga

1. Roger Federer – US$85 juta

Federer tercatat sebagai atlet dengan raihan nilai sponsorship terbesar diantara banyak atlet. Kontrak kerja terakhri Federer adalah dengan Barilla. Kontrak itu berlaku lima tahun dengan kisaran total US$40 juta. Pada Juli 2018, Federer juga menandatangani kontak 10 tahun dengan Uniqlo yang menawarkan secara total US$300 juta dalam 10 tahun. Kerjasama dengan Uniqlo ini telah menggantikan kerjasama jangka panjang Federer selama ini dengan Nike. Dia juga tercatat punya kontrak kerja yang panjang dengan Wilson, Credit Suisse, Mercedes, Rolex, Lindt, Jura, Moet & Chandon, Sunrise, dan NetJets. Federer pun ikut berdonasi untuk penanggulangan Covid-19 sebesar 1 juta poundsterling. 

2. Tiger Woods – US$54 juta

Pegolf asal AS ini memiliki kontrak kerjasama endorsement dengan Nike, TaylorMade, Bridgestone, dan Monster Energy. Dia juga tercatat memiliki kontrak dengan Hero MotorCorp, Kowa, Full Swing, dan Upper Deck. Woods telah menghasilkan US$1,4 miliar selama dua decade yang mana hanya 10% berasal dari hadiah pertandingan golf. 

3. LeBron James – US$53 juta

Pemain basket ini adalah brand ambassador untuk Nike, juga Coca-cola, Beats by Dre, dan Kia Motor. Dia punya kontrak seumur hidup dengan Nike yang tercatat bisa mencapai US$1 miliar saat dia berusia 64 tahun kelak. James pun ikut berbisnis dalam SpringHill Entertainment, ikut berinvestasi pada Blaze Pizza yang tersebar 300 franchise di Amerika Utara dan 4 di Timur Tengah. 

4. Cristiano Ronaldo – US$44 juta

Pemain asal Portugal ini pernah menerima gaji sekitar US$109 juta saat bermain dalam klub Juventus di Italia. Dia pun masuk dalam trio ‘Nike Billion Dolar Club’ bersama dua atlet lainnya LeBron James dan Michael Jordan. Cristiano Ronaldo juga tercatat menjadi endorser untuk Herbalife, EA Sports, dan Tag Heuer. 

5. Steph Curry – US$42 juta

Steph Curry sebagai pemain NBA terbaik memang terbukti sangat mendorong penjualan jersey. Alhasil, Curry pun kini tercatat memiliki kontrak kerjasama yang besar dengan Under Armour sekitar US$20 juta. Brand lain yang ikut mendorong Curry sebagai brand ambassador adalah e-commerce asal Jepang, Rakuten, lalu Nissan, JPMorgan, Chase, Brita, Verizon, dan Vivo Smartphones.

6. Phil Mickelson – US$36 juta

Mickelson adalah pemain golf senior. Dia memiliki kontrak kerjasama dengan Barclays, selama 15 tahun. Mickelson juga menjaid endorser untuk Intrepid Financial Partners. Dia juga menandatangani kerjasama dengan Workday, Amgen, ExxonMobil, KPMG, Rolex, Grayhawk, dan Greenbrier. 

7. Rory Mcilroy – US$34 juta

Rory Mcilroy, pegolf ini menandatangani kontrak kerjasama dengan Nike dalam kurun waktu 10 tahun. Pemain golf asal Irlandia Utara ini juga telah menandatangani kerjasama dengan TaylorMade pada 2017 lalu, beberapa endorsement lainnya adalah Omega dan Upper Deck. Mcilroy juga menggantikan Tiger Wood sebagai tampilan baru pada Electronic Arts golf video game pada 2015 lalu.

8. Kevin Durant – US$34 juta

Kevin Durant selaku pemain di Brooklyn Nets NBA, adalah 3 besar dari 10 pemain basket terbaik dunia. Durant menandatangani kontrak dengan Nike, Beats, American Family Insurance, BBVA, Alaska Air Group, Sparkling Ice, Panini, dan NBA 2K. berdomisili di San Fransisco sembari bermain di Golden State Warriors, Durant juga terlibat dalam investasi start-up seperti LimeBike, Coinbase, Acorns, cloud-computing start-up Rubrik Postmates dan perusahaan minuman. Durant menandatangani kerjasama dengan Nike masa kontrak 10 tahun mulai 2014 dengan nilai setara US$300 juta, termausk US$50 juta sebagau uang jaminan tua

9. Kei Nishikori – US$33 juta

Nishikori sebagai atlet asal Jepang ini ternyata punya banyak kerjasama dengan sponsor, misalnya saja; Uniqlo, Wilson, Nike, Procter & Gamble, Jaguar, hingga Tag Heuer. Fans Nishikori juga menerima benefit bisa mencoba mengendarai Kei Jaguar maupun makan mie bersama Nishikori, ataupun terbang dengan pesawat Japan Airlines bersama Nishikori. Dia pun sudah memperbaharui kontrak dengan Uniqlo pada 2016 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro