Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Memilih Hunian untuk Generasi Milenial

Kenaikan harga tanah yang relative tinggi setiap tahun ini berdampak terhadap harga rumah yang terus melambung tiap tahunnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 September 2020  |  18:03 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA  - Data dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta menunjukkan harga tanah di Jakarta setiap tahun mengalami kenaikan sekitar 18%.

Kenaikan harga tanah yang relative tinggi setiap tahun ini berdampak terhadap harga rumah yang terus melambung tiap tahunnya.

Kondisi tersebut tentu sangat berat bagi keluarga milenial yang ingin memiliki rumah di Jakarta. Padahal keluarga milenial, suami dan istri cenderung sama-sama bekerja dan sedang meniti karier. Mereka membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan kantor sehingga bisa mendukung mobiltas mereka.

Tidak ada waktu dan energi yang terbuang percuma karena jarak tempat tinggal dengan tempat bekerja yang relatif jauh.

Ada yang memberi tips kepada keluarga milenial untuk mengatasi masalah tersebut dengan tinggal sementara di rumah orang tua atau mertua. Saran ini mungkin menjadi salah satu solusi, tapi harus diingat juga harga tanah dan rumah mengalami peningkatan yang lebih cepat setiap tahunnya dibandingkan dengan penghasilan mereka. Bisa-bisa rumah tidak akan terbeli.

Budianto Halim Direktur Utama Binakarya Propertindo Grup mengatakan generasi milenial umumnya membutuhkan rumah yang masih berlokasi di Jakarta sehingga dekat dengan tempat bekerja atau tempat usaha, namun terbentur oleh harga rumah yang tidak terjangkau.

Karena itu, dia memberikan tips bagi generasi milenial untuk merancang sebuah hunian yang sesuai dengan kebutuhan keluarga milenial. 

Misalnya saja dari luas tanah yang ideal dan sesuai kebutuhan, tentunya dengan  harga yang lebih terjangkau oleh keluarga milenial.

Selain lokasi strategis, pilihlah rumah yang punya akses yang cukup mudah ditempuh, dan menyediakan fasilitas pendukung.

Semisal, pasar, sekolah, pusat kuliner, sehingga pergerakan tidak terlalu berat.

“Selain harga yang relatif terjangkau, juga cari berbagai kemudahan untuk keluarga milenial,” ungkap Go Hengky Setiawan Komisaris Utama Binakarya Propertindo Group.

Misalnya saja, katanya, pada bulan Oktober ini Palm City meluncurkan program Octofest dengan ringan DP Rp30 juta, bebas biaya akad dan cashback 10 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

real estate generasi milenial
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top