Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Cara Mengelola Kemarahan Menjadi Kebahagiaan

Anda tidak akan pernah bisa menemukan kedamaian jika masih menyimpan kemarahan dan dendam.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  12:37 WIB
Marah - boldsky.com
Marah - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kemarahan merupakan emosi yang sangat alami, tetapi sebagian orang mengalami kesulitan untuk mengelola marah yang dimiliki.

Dikutip dari News 18, Senin (5/10/2020), ada beberapa cara untuk melatih mengelola rasa marah di dalam diri. Berikut rekomendasi untuk membantu mengendalikan amarah:

1. Pergi Sementara

Ini mungkin bukan cara termudah untuk menanggapi situasi yang membuat Anda marah, tetapi cara yang bagus untuk menahan diri agar tidak mengatakan sesuatu di saat panas yang mungkin Anda sesali nanti. Kapanpun Anda marah, keluarlah dari kamar itu dan pergi ke tempat terpencil.

Luangkan waktu Anda, tarik napas dan pikirkan tentang konsekuensi dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kata-kata Anda. Setelah Anda tenang, bicarakan tentang pikiran, kekhawatiran, dan kebutuhan Anda dengan tegas tentang sikap tenang.

2. Pikirkan kata-kata Anda

Saat Anda marah,  Anda cenderung mengatakan sesuatu dengan cara yang tidak sopan. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata yang meremehkan atau mengkritik orang lain atau menyalahkan mereka sepenuhnya.

Jangan gunakan kata-kata seperti ‘tidak pernah’ atau ‘selalu’ dalam argumen Anda karena pilihan kata Anda dapat membuat banyak perbedaan. 

Adopsi sikap pemecahan masalah misalnya, daripada mengatakan "Anda selalu datang terlambat", sebaiknya kalimat tersebut bisa diganti dengan “Saya akan menghargai Anda datang lebih awal di lain waktu.”

3. Terapi musik

Musik memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati kita dalam beberapa menit. Musik memiliki efek menenangkan dan menenangkan pikiran, membuat kita merasa rileks. Musik telah digunakan sebagai alat yang ampuh oleh berbagai psikiater untuk mengelola amarah pada orang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sage pada tahun 2015 menyebutkan bahwa orang yang mendapatkan terapi musik dalam program manajemen amarahnya memiliki kemampuan koping yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mendapat terapi manajemen amarah secara teratur.

4. Latihan relaksasi

Kapan pun Anda marah, jauhkan diri Anda dari situasi tersebut dan praktikkan teknik relaksasi sederhana, seperti pernapasan dalam atau meditasi selama 10 menit dan jika memungkinkan, beberapa pose yoga sederhana.

Yoga akan membantu menenangkan pikiran dan memusatkan pikiran Anda. Anda bahkan dapat menemukan teknik lain seperti berjalan-jalan di taman atau mewarnai yang lebih cocok untuk Anda.

5. Lepaskan semuanya

Anda mungkin tidak akan pernah bisa menemukan kedamaian jika Anda menyimpan dendam. Jika Anda tidak memaafkan orang yang membuat Anda marah, Anda mungkin merasa marah sepanjang waktu dan itu juga dapat memengaruhi aspek lain yang tidak terkait dalam hidup Anda.

Hilangkan masalahnya, ekspresikan perasaan Anda, coba selesaikan perasaan negatif dan akhirnya maafkan orang-orang ini. Tindakan memaafkan ini juga bisa memperkuat hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

marah tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top