Sel virus Corona/Istimewa
Health

Ilmuwan Temukan 3 Obat Existing, Potensial Sembuhkan Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 17 Oktober 2020 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti University of New Mexico yang menyisir "perpustakaan" obat yang disetujui sebelumnya percaya mereka telah mengidentifikasi obat dengan potensi untuk membantu mempercepat pemulihan pasien dari infeksi SARS-CoV-2.

"Intinya adalah kami pikir kami menemukan obat yang setara dengan remdesivir dan jauh lebih murah," kata Tudor Oprea, MD, Ph.D., profesor Ilmu Kedokteran dan Farmasi dan kepala Divisi Informatika Penerjemahan UNM dilansir dari Medical Xpress.

Remdesivir adalah obat antivirus yang relatif baru yang telah terbukti mempersingkat masa inap di rumah sakit bagi mereka yang baru sembuh dari virus corona baru. Meski baru saja WHO menyatakan obat ini kurang efektif dan cenderung mahal.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan minggu ini di ACS Pharmacology & Translational Science, bekerjasama dengan tim di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Tennessee yang dipimpin oleh profesor Colleen Jonsson, Ph.D., melaporkan bahwa obat antimalaria yang disebut amodiaquine efektif dalam membasmi virus dalam percobaan tabung reaksi.

Itu adalah salah satu dari tiga kandidat menjanjikan yang diidentifikasi. Namun, diperlukan  proses mempelajari karakteristik molekuler dari sekitar 4.000 obat yang disetujui untuk digunakan manusia oleh Food and Drug Administration dan lembaga lainnya. Para peneliti berharap menemukan obat yang akan menargetkan kerentanan yang diketahui dalam virus.

Dua obat lainnya antipsikotik yang disebut zuclophentixol dan obat tekanan darah yang disebut nebivolol yang juga bisa membersihkan virus dalam percobaan, kata Oprea, yang menjabat sebagai penulis terkait pada makalah baru. Para peneliti berpikir salah satu dari tiga obat ini dapat dikombinasikan dengan remdesivir atau obat antivirus terkait yang disebut favipiravir untuk meningkatkan serangan yang lebih kuat pada virus.

Menggabungkan dua obat dapat berarti bahwa dosis yang lebih rendah dari masing-masing dapat diberikan, mengurangi kemungkinan reaksi yang merugikan, katanya. Pemberian dua obat juga memperkecil kemungkinan virus akan mengembangkan mutasi yang membuatnya kebal dari pengobatan.

"Anggap saja sebagai permainan mendera-a-mole," kata Oprea. "Alih-alih memiliki satu palu, Anda memiliki dua palu, yang lebih efektif. Kami mencoba memberi komunitas ilmiah dua palu, bukan satu."

Banyak senyawa yang menunjukkan aktivitas antivirus di laboratorium tidak memiliki efek yang sama pada organisme hidup, kata Oprea, jadi langkah selanjutnya adalah melakukan uji klinis untuk melihat apakah obat tersebut bekerja pada pasien positif COVID.

Proses penyaringan obat UNM dimulai dengan Oprea dan koleganya Larry Sklar, Ph.D., Profesor Terhormat di Departemen Patologi. Mereka menggunakan metode komputasi untuk mengidentifikasi obat kandidat dengan mengukur kemiripannya dengan hydroxychloroquine, obat antimalaria yang telah didiskreditkan yang telah secara luas disebut-sebut sebagai pengobatan COVID-19. Karena variasi molekuler pada beberapa obat, lebih dari 6.000 kombinasi dinilai.

Kemungkinan kandidat diteruskan ke Steven Bradfute, Ph.D., asisten profesor di Pusat Kesehatan Global, yang menguji senyawa tersebut terhadap sampel virus di laboratorium Biosafety Level-3 miliknya. Kemudian, eksperimen diulangi oleh para ilmuwan Universitas Tennessee untuk memberikan konfirmasi independen atas temuan tersebut dan mereka menggunakan tes tambahan yang mengungkap potensi obat tersebut terhadap virus, kata Oprea.

Amodiaquine, pertama kali dibuat pada tahun 1948, ada dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia. Ini memiliki profil keamanan yang baik dan banyak digunakan di Afrika untuk mengobati malaria. Zuclophentixol telah digunakan untuk mengobati skizofrenia sejak 1970-an, sementara nebivolol telah digunakan untuk hipertensi sejak akhir 1990-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro