Ilustrasi/Billionaire.com
Relationship

Tips Turunkan Stres dengan Mindfulness Meditation

Desyinta Nuraini
Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona menyebabkan banyak orang mengalami gejala gangguan mental. Stres, cemas, sakit kepala, gelisah, tidak bisa tidur, takut, merupakan beberapa diantaranya.

Untuk mengatasinya, Certified Meditation Instructor The Golden Space Indonesia, Helena Abidin menyarankan untuk melakukan mindfulness meditation.

Mindfulness meditation merupakan teknik meditasi yang menekankan pada perhatian dan kesadaran penuh, menyadari apapun yang terjadi saat itu juga. Meditasi ini fokus mendengarkan tentang emosi yang dirasakan saat itu juga.

Manfaatnya pun sangat banyak. Helena menyebut melakukan meditasi ini dapat meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, ketenangan, dan mendapat kenyamanan dalam menghadapi apapun.

"Banyak di dunia ini yang tidak bisa kita kontrol, yang kita bisa adalah mengontrol diri kita sendiri," ujarnya kepada Bisnis, kemarin.

Mindfulness meditation kata Helena juga dapat mengurangi level stres.

Dari penelitian yang dilakukan Harvard Medical Research Center, setelah 8 minggu melakukan meditasi, amigdala, sekelompok saraf yang menghasilkan hormon stres akan mengecil.

"Kalau mengecil, hormon stres akan menurun. Kita bisa lebih sabar, empati menghadapi semua yang dihadapi," jelasnya.

Begitu stres level turun, sistem imun tubuh pun otomatis akan naik. "Meditasi membantu menaikkan imun. Tentu diiringi olahraga, minum vitamin, makan sehat," tambahnya.

Selain itu, meditasi yang mendengarkan emosi diri itu juga meningkatkan rasa percaya terhadap orang lain, kenyamanan dalam bekerja sama, meningkatkan ketahanan dalam menghadapi tantangan, dan tahu kapan harus berhenti ketika tubuh dirasa tidak mampu melakukannya.

Untuk melakukan mindfulness meditation, berikut caranya :

1. Duduk dengan nyaman. Bisa duduk di lantai menggunakan bantal sebagai alas, dengan posisi kaki bersila. Bisa juga dengan duduk di kursi dan pastikan telapak kaki menyentuh lantai.

2. Lepaskan kacamata, jam tangan, atau logam lainnya yang ada di tubuh.

3. Duduk dengan tegap

4. Luruskan kedua siku, letakkan kedua pergelangan tangan di atas lutut, dengan telapak tangan menghadap ke atas

5. Angkat dagu 45 derajat

6. Pejamkan mata dengan rileks

7. Jaga postur selama sesi berlangsung 5-15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro