Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Lho Pentingnya Imunisasi pada Masa Pandemi Covid-19

Imunisasi telah berhasil mencegah 2 sampai 3 juta kematian per tahun di seluruh dunia yang diakibatkan oleh berbagai penyakit.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  10:26 WIB
Imunisasi DT - TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)
Imunisasi DT - TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan imunisasi meski Indonesia saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19. Pasalnya, imunisasi ini sangat penting untuk menjaga keluarga dan masyarakat agar dapat terhindar dari risiko penyakit menular yang berbahaya.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menjelaskan sejumlah manfaat dari imunisasi. Pertama, imunisasi bisa memicu pembentukan kekebalan tubuh (imunitas) tubuh dengan tiga cara.

Ketiga cara yang dimaksud yaitu dengan membuat tubuh mengenali virus/bakteri pembawa penyakit, sehingga tubuh memproduksi antibodi untuk melawan.

"Kekebalan tubuh akan terbentuk karena tubuh mengingat si virus atau bakteri pembawa penyakit dengan cara melawannya, sehingga bisa bereaksi sebelum kita jatuh sakit," jelas KPCPEN melalui media sosial instagram @lawancovid19_id, Selasa (27/10/2020).

Lebih lanjut, KPCPEN menyatakan imunisasi telah berhasil mencegah 2 sampai 3 juta kematian per tahun di seluruh dunia yang diakibatkan oleh berbagai penyakit seperti difteri, tetanus, influenza dan campak.

"Oleh sebab itu, imunisasi penting agar kita, keluarga, dan masyarakat dapat terhindar dari penyakit menular berbahaya," tulis KPCPEN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya imunisasi pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Menurut, Presiden pandemi Covid-19 menjadi momentum untuk menguatkan ketahanan kesehatan (health security) dan meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Presiden menyatakan dibutuhkan terobosan dan tidak dapat lagi menggunakan cara-cara lama atau cara yang biasa.

"Kita harus pakai cara-cara yang luar biasa untuk mengeliminasi penyakit menular dan tidak menular, penurunan stunting, dan imunisasi lengkap bayi," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam peringatan HUT Ke-70 Ikatan Dokter Indonesia yang ditayangkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (24/10/2020).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imunisasi Virus Corona penyakit menular Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top