Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Cara Mengobati Sariawan Saat Pandemi Corona

Sariawan bisa menjadi gejala stres dan kecemasan. Sariawan bisa juga disebabkan oleh konsumsi kacang dan makanan pedas yang berlebih.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  15:49 WIB
Ini Cara Mengobati Sariawan Saat Pandemi Corona
Madu obat alami untuk mengatasi sariawan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sariawan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menyakitkan saat mengonsumsi makanan. Sariawan bisa disembuhkan melalui bahan-bahan di dapur rumah.

Sariawan biasanya berbentuk bulat atau oval, bisa berwarna putih, merah, kuning atau abu-abu. Dan juga bisa ada lebih dari satu dan berada di beberapa bagian dalam mulut.

Hal ini dikarenakan sariawan bisa menyebar dan tumbuh. Dikutip dari Alodokter dan Express pada Jumat (30/10/2020) untuk membantu meringankan pembengkakan dan ketidaknyamanan saat sariawan, maka Anda bisa kumur-kumur dengan air garam, dalam satu cangkir air dan setengah sendok teh garam. Berkumurlah selama 15 hingga 30 detik.

Selain itu juga bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti garam yang bekerja sama baiknya. Soda kue ini juga dapat dioleskan sebagai pasta pada luka.

Beberapa cara lain untuk mengobati sariawan adalah mengompres sariawan dengan kantong teh chamomile selama lima menit. Lakukanlah 3 hingga 4 kali sehari.

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik yang dipercaya bisa meredakan dan mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan madu, dengan cara mengoleskan pada sariawan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari hingga sembuh. Jenis madu terbaik untuk mengobati sariawan adalah madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Lalu konsumsiah sayur dan buah-buahan, serta penuhilah kebutuhan cairan dalam tubuh. Untuk membantu menenangkan lidah yang terasa melepuh, minumlah minuman dingin menggunakan sedotan. Es akan memberikan sedikit ketenangan pada luka Anda.

Untuk mempercepat pemulihan sariawan maka Anda harus menghindari makan makanan panas dan pedas selama sariawan.

Selain pengobatan rumahan ini, ada beberapa hal yang bisa membantu mencegah sariawan yaitu dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang untuk gigi dua kali sehari.

Sikat gigi berbulu lembut juga dapat membantu mengurangi iritasi mulut dan usahakan untuk menghindari pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulphate.

Jika sariawan Anda sering kambuh, ada baiknya juga membuat catatan harian tentang makanan Anda yang nantinya bisa mengidentifikasi makanan yang membuat Anda alergi atau tidak toleran yang bisa menyebabkan perkembangan maag.

Beberapa makanan umum penyebab sariawan yaitu keripik, kacang-kacangan, hidangan pedas, dan makanan asam. Makanan lainnya, coklat, kopi, stroberi, keju, tomat, dan tepung asah ke dalam makanan umum.

Pemicu sariawan lainnya bisa berupa stres dan kecemasan. Oleh karena itu akan bermanfaat untuk menerapkan teknik relaksasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Contoh teknik relaksasi yaitu bernafas dengan dalam di keseharian Anda.

Jika sariawan berlangsung lebih dari tiga minggu Anda dianjurkan untuk berobat ke pelayanan kesehatan terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

terluka mulut tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top