Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Rusia Klaim Tingkat Efektivitas Vaksin Corona Sputnik V Lebih dari 90 Persen

Syaiful Millah
Selasa, 10 November 2020 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hanya beberapa jam setelah diumumkan bahwa Pfizer telah menghasilkan vaksin Covid-19 yang 90 persen efektif, Rusia mengklaim bahwa mereka juga memiliki vaksin yang sama kuatnya.

Bertekad untuk tidak ketinggalan dalam perlombaan pengembangan vaksin, pejabat kesehatan di negara itu mengatakan bahwa suntikan vaksin mereka yang dinamai Sputnik V juga diklaim 90 persen efektif dan sudah diberikan kepada masyarakat.

Oksana Drapkina, direktur lembaga penelitian di bahwa Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab memantau keefektifan vaksin di antara warga yang telah menerimanya sebagai bagian dari program vaksinasi massal.

“Berdasarkan pengamatan kami, efektivitasnya juga lebih dari 90 persen. Munculnya vaksin lain yang efektif adalah kabar  baik untuk semua orang,” katanya seperti dikutip New York Post, Selasa (10/11/2020).

Negara itu dilaporkan mempercepat inokulasi dua suntikan untuk keperluan rumah tangga pada Agustus lalu, sebelum uji coba manusia skala besar dimulai. Para ahli telah menyatakan keprihatinan atas kandidat vaksin yang belum memiliki rilis data apapun terkait keamanan dan efektivitasnya.

Sputnik V adalah vaksin yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology, yang baru mulai diuji pada sekitar 40.000 orang di Moskow September lalu. Alexander Gintsburg, direktur lembaga itu optimistis vaksin yang dikembangkannya bakal efektif.

“Dalam waktu dekat kami berharap dapat mempublikasikan hasil sementara dari uji coba pasca-reg

istrasi vaksin Sputnik V, yang disebut uji coba Tahap III. Saya yakin tingkat keefektifannya juga akan tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro