Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Platform Pendukung Gaya Hidup Minimalis

Dengan menerapkan hidup minimalis, seseorang akan lebih fokus pada barang atau hal yang benar-benar dimilikinya sebaliknya mengurangi barang yang tidak lagi diperlukan lagi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 13 November 2020  |  20:03 WIB
Aplikasi finansialku
Aplikasi finansialku

Bisnis.com, JAKARTA -- Gaya hidup minimalis kini semakin diminati oleh masyarakat, terutama generasi milenial di tengah gempuran kehidupan yang konsumtif dan semakin kompleks.

Dengan menerapkan hidup minimalis, seseorang akan lebih fokus pada barang atau hal yang benar-benar dimilikinya sebaliknya mengurangi barang yang tidak lagi diperlukan lagi.

Menjalankan gaya hidup minimalis ini memang susah-susah gampang tetapi bisa diterapkan secara bertahap. Untuk membantu seseorang menerapkan gaya hidup minimalis, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

1. Aplikasi Donasi Barang

Setelah melakukan decluttering atau memilah barang-barang yang sudah tak terpakai, kadang seseorang bingung harus diberikan atau disumbangkan kemana barang tersebut. Dengan kecanggihan teknologi, menyumbang barang bekas kini dapat lebih mudah melalui berbagai platform, salah satunya Donasi Barang.

Aplikasi ini siap menerima dan menampung segala jenis barang tak terpakai yang masih layak digunakan kembali mulai dari pakaian, sepatu, barang elektronik, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Apapun jenis barang yang tak terpakai di rumah, bisa didonasikan. Adapun untuk barang yang cukup besar bisa dijemput dengan menggunakan jasa penjemputan.

Selain Donasi Barang, platform lain yang bisa digunakan untuk mendonasikan barang tak terpakai adalah Setali Indonesia. Barang yang didonasikan tersebut akan diolah dan disalurkan untuk dijual kembali.

Setelah itu, hasil penjualannya akan didonasikan ke berbagai proyek sosial kemanusiaan seperti bantuk galang dana yang ada di Kitabisa.com. Selain menerima sumbangan barang-barang tak terpakai, Setali juga memiliki katalog setali untuk masyarakat yang ingin membeli barang preloved yang sudah terkurasi dan masih premium.

2. Aplikasi Finansial

Salah satu manfaat dari gaya hidup minimalis adalah dapat lebih berhemat. Pasalnya, kita akan lebih mengetahui apa saja barang yang benar-benar dibutuhkan bukan hanya sekedar ikut-ikutan atau hanya ingin memenuhi hasrat kehidupan konsumtif.

Untuk itu, dalam menjalankan gaya hidup minimalis, penting untuk mengatur keuangan dan menghemat berbagai pengeluaran sehingga aplikasi yang berhubungan dengan finansial menjadi cukup penting.

Dengan membuat anggaran dan mencatat berbagai pengeluaran, maka kita dapat mengontrol serta mengetahui cara mengurangi pengeluaran dan membuat tabungan menjadi lebih besar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah finansialku.

Melalui aplikasi ini, seseorang dapat membuat anggaran keuangan sejelas mungkin sehingga bisa mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan perbulannya. Aplikasi finansialku ini juga akan membantu para penggunanya dalam menerapkan gaya hidup minimalis dan mengatur keuangan dengan disiplin mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.

3. Aplikasi Desain Interior

Konsep gaya hidup minimalis juga terlihat dari desain interior rumah yang simple dan pemilihan furniture yang minimalis serta mengutamakan asas kemanfaatan. Pasalnya, dengan memilih desain furniture yang minimalis ruangan akan terlihat lebih rapi dan semakin lapang sehingga dapat menghilangkan stress. Dengan menyimpan barang dengan rapi, akan membuat pikiran tidak terlalu terbebani dengan pemandangan yang tak perlu.

Beberapa aplikasi desain interior yang bisa digunakan seperti Room Planner: Desain Rumah & dekorasi Interior 3D. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa merancang sendiri dekorasi rumah idamannya lengkap dengan pemilihan furniture yang langsung bisa dipilih dari IKEA Catalogue atau merek lain dalam aplikasi Dekoruma Furniture Dekorasi.

Aplikasi buatan iCanDesign ini bisa digunakan sebagai alat perencanaan interior design IKEA, dan terlihat seperti visualisasi nyata dari interior rumah rumahan dalam game Kawaii Home Design. Bisa juga untuk mendesain home furniture dari Rumahku, Decoruma, atau Lowes

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

platform minimalis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top