Petugas menunjukkan kantong darah di unit transfusi darah PMI Indramayu, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). PMI Indramayu menyatakan stok darah menipis karena pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial (Social Distancing) guna mengantisipasi wabah COVID-19. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Health

Donor Danah Saat Pandemi, Siapa Takut! Ini Penjelasannya

Hafiyyan
Jumat, 20 November 2020 - 08:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang rutin atau ingin mendonorkan darah? Ternyata, aktivitas mulia tersebut tetap bisa dilakukan selama pandemi lho.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan tips bagi pendonor darah selama masa pandemi. Dalam akun instagramnya, Tim Satgas Covid-19 menyampaikan tak perlu khawatir mendonorkan darah saat pandemi seperti ini.

"Selama donor darah sudah diatur dan dibuatkan seaman mungkin dengan menerapkan protokol kesehatan, masyarakat gak usah takut dan khawatir," paparnya, dikutip Jumat (20/11/2020).

Namun demikian, bagi orang yang positif Covid-19, pendonoran darah sebaiknya ditunda sampai dengan masa 28 hari dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Ada beberapa tahapan aman bagi Anda yang ingin melakukan donor darah. Pertama, menjalani pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Kedua, mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir. Ketiga, menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

Keempat, menjalani pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah. Kelima, menerapkan jaga jarak selama proses donor darah. Keenam, petugas menggunakan APD lengkap, dan tidak bertugas jika sedang tidak enak badan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro