Ilustrasi/helpguide.org
Health

Anda Punya Kebiasaan Ngorok? Begini 3 Cara Mengatasinya

Desyinta Nuraini
Kamis, 3 Desember 2020 - 11:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mendengkur ketika tidur mungkin dialami sejumlah orang. Biasanya hal ini bukan masalah besar, tapi acap kali menyebabkan gangguan sulit tidur dan rasa kantuk di siang hari. 

Dokter Spesialis Tidur di Inggris, Ori Leslau menyebab ada banyak faktor mengapa orang mendengkur ketika tidur. Mendengkur terjadi ketika lidah, mulut, tenggorokan, atau saluran udara di hidung bergetar saat Anda bernapas. Mereka bergetar saat Anda tidur karena bagian-bagian tubuh ini rileks dan sempit.

Ori menyebut mereka yang mendengkur saat tidur biasanya kelebihan berat badan, merokok, minum terlalu banyak alkohol, atau tidur telentang. Faktor lain bisa disebabkan oleh kondisi seperti sleep apnea, yaitu saat saluran udara Anda tersumbat sementara saat tidur.

Lantas bagaimana cara menghentikannya? Ori menerangkan cara termudah untuk menghentikan dengkuran adalah dengan membalikkan hal-hal yang menyebabkannya. Misalnya menurunkan berat badan. 

Jika kelebihan berat badan menyebabkan dengkuran, menurunkan berat badan adalah solusi ajaib. "Olahraga dan pola makan yang lebih sehat dapat mengurangi beban di sekitar leher dan tenggorokan Anda, yang menekan saluran napas Anda dan menyebabkan dengkuran," ujarnya seperti dikutip dari Express UK, Kamis (3/11/2020).

Mengubah pola makan menurutnya tidak mungkin menghentikan dengkuran dengan sendirinya, latihan fisik dianggap yang paling membantu. Dia juga menyarankan untuk makan lebih sedikit di malam hari dan minum banyak air.

Selain itu, Ori mengatakan orang yang tidur terlentang kemungkinan besar akan mendengkur. Oleh karena itu lebih baik mengubah posisi ketika tidur seperti memiringkan badan. “Ini karena ketika Anda tidur telentang, lidah Anda terjepit ke belakang dan sebagian dapat menyumbat tenggorokan Anda. Ini pada gilirannya akan membatasi aliran udara," jelasnya.

Dengan tidur miring akan mengurangi kompresi saluran napas dan menghentikan Anda mendengkur. Agar posisi tidak berubah, cobalah menaruh ganjalan di bagian belakang tubuh. Sebagai alternatif, belilah bantal khusus atau alas tempat tidur untuk membantu Anda tetap miring.

Terkait alkohol, Ori menyarankan untuk menghindarinya sebelum tidur. "Meskipun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, itu sebenarnya mengurangi kualitas tidur Anda dan melemaskan otot-otot tenggorokan yang akan memperburuk dengkuran," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro