Serangan panik/ilustrasi
Health

Selain Kampanye 3M, Relawan Satgas Covid-19 Beri Layanan Konseling Online

Syaiful Millah
Minggu, 13 Desember 2020 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Relawan Satgas Covid-19 meluncurkan program layanan bagi masyarakat dan tim relawan yang merasakan kelelahan atas situasi pandemi dan membutuhkan konseling dengan profesional secara daring.

Sekretaris Sub Bidang Kesehatan Koordinator Relawan Satgas Covid-19 Maghfira mengatakan bahwa program layanan konseling ini ditujukan bagi orang yang merasa tertekan dengan situasi pandemi yang telah berlangsung berbulan-bulan.

Dia melanjutkan, program ini akan dilakukan melalui aplikasi Zoom bersama dengan tim relawan psikologi yang telah bersedia dan telah terverifikasi. Mereka akan membantu mendengarkan keluhan yang diajukan oleh relawan atau masyarakat umum dan memberikan konseling terkait hal tersebut.

Menurutnya, akan ada 30 layanan konseling dari 30 orang psikolog dalam program ini. Adapun, layanan dilakukan mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam, dengan peserta yang telah mendapatkan jadwal.

"Layanan ini akan memberikan konseling kepada masyarakat dan relawan yang sudah lelah atas situasi ini," katanya dalam siaran langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Jumat (11/12/2020).

Maghfira mengungkapkan prosedur yang perlu dilalui bagi peserta yang ingin melakukan konseling hanya diharuskan mengisi formulir asesmen yang ada di akun Instagram satgas.relawan.

Selanjutnya, tim admin akan menghubungi peserta untuk memberikan jadwal konseling langsung via aplikasi Zoom. Setelah itu, peserta tinggal melakukan konseling dengan tim pakar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dia berharap layanan ini bisa memberikan keringanan pikiran kepada seluruh peserta, khususnya relawan yang telah bekerja keras menangani pasien dan menghadapi masyarakat dalam rangka edukasi pentingnya protokol kesehatan.

Maghfira juga mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menerapkan protokol 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Perubahan perilaku harus dimulai dari diri sendiri. Terapkan 3M, ingat pesan ibu, kita punya keluarga, teman, dan lingkungan yang perlu dijaga," katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro