Suasana pesta kembang api pergantian Tahun Baru 2019 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (31/12/2018)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Relationship

Cara Merayakan Malam Tahun Baru Bebas dari Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 16 Desember 2020 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Akhir tahun menjadi kesempatan untuk bersantai dan menikmati pertemuan liburan yang tidak terlalu menegangkan bersama teman dan keluarga, untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun sebelumnya dan merayakannya di tahun berikutnya.

Meskipun banyak orang tidak sabar untuk mengucapkan selamat jalan untuk tahun 2020, Malam Tahun Baru kemungkinan akan terlihat sangat berbeda selama pandemi Covid-19.

“Pandemi telah membuat stres dan menyebabkan isolasi bagi banyak orang dan musim liburan hanya menciptakan dan menambah tantangan untuk ini,” kata Dr. Soma Mandal, ahli penyakit dalam bersertifikat di Summit Medical Group di Berkeley Heights, New Jersey, dikutip dari Bustle.com, Rabu (16/12/2020).

Tetap saja, Dr. Mandal dan para ahli lainnya menekankan bahwa Anda masih bisa meletup-letup sambil menjaga diri Anda dan orang lain tetap aman. Hanya perlu sedikit kreativitas untuk merayakan Malam Tahun Baru tahun ini dengan aman.

Menurut Dr. Mandal, sama pentingnya untuk mengikuti pedoman dasar Covid-19: memakai masker kapan pun Anda tidak berada di dalam rumah, mencuci tangan secara teratur, dan menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain selama waktu yang lama. Yang didefinisikan oleh Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit (CDC) sebagai 15 menit atau lebih selama periode 24 jam. Ini berlaku setiap saat, tetapi terutama jika Anda berhubungan dengan orang yang tidak tinggal bersama Anda.

Apa Cara Teraman Untuk Merayakan Malam Tahun Baru Selama Pandemi?

Sejauh pesta berjalan, CDC cukup jelas dalam pendiriannya terhadap liburan, "Pertemuan dengan keluarga dan teman yang tidak tinggal bersama Anda dapat meningkatkan kemungkinan tertular atau menyebarkan Covid-19 atau flu.”.

Jika tradisi keluarga Anda berkumpul untuk Malam Tahun Baru, ingatlah bahwa hanya karena tradisi sesuatu tidak berarti aman.

“Ingatlah bahwa meskipun Anda mengunjungi keluarga, Anda dianggap berada dalam kelompok atau rumah tangga yang berbeda dan eksposur Anda berbeda,” tambah Dr. Eudene Harry, dokter pengobatan darurat bersertifikat di Orlando, Florida. “Anda berpotensi membawa komunitas Anda saat Anda bepergian. Jika Anda telah berkontak pada seseorang yang didiagnosis dengan Covid-19, harap tetap di rumah. ”

“Saat merencanakan Malam Tahun Baru tahun ini, penting untuk menilai risiko Anda dan juga risiko orang yang Anda cintai,” kata Dr. Mandal. "Jika tingkat infeksi tinggi di daerah Anda, dan Anda atau anggota keluarga memiliki faktor risiko lain (seperti kondisi kesehatan), merayakan hampir jelas memiliki risiko infeksi terendah."

Cara Mengelola Risiko COVID-19 Selama Malam Tahun Baru

Berdasarkan pedoman CDC, opsi teraman untuk merayakan adalah tinggal di rumah hanya dengan orang yang tinggal dengan Anda atau merayakannya secara virtual dengan orang lain. Jika Anda memutuskan untuk tetap merayakannya secara langsung, pertemuan kecil di luar di mana semua orang bertopeng adalah pilihan terbaik berikutnya, meskipun ini bisa menjadi tantangan di banyak bagian AS karena cuaca musim dingin yang dingin, kata Dr. Mandal.

“[Pedoman CDC menyatakan bahwa] pertemuan di dalam ruangan lebih berisiko daripada di luar ruangan, kelompok besar lebih berisiko daripada kelompok kecil dan kontak yang lama lebih berisiko daripada kontak singkat,” katanya. "Berapa banyak orang yang dapat [dengan aman] berkumpul berbeda-beda di setiap negara bagian, tetapi Dr. Anthony Fauci baru-baru ini menyatakan bahwa pertemuan kecil mendorong wabah Covid-19 saat ini."

Jika Anda masih memutuskan untuk berkumpul dengan orang lain, para ahli merekomendasikan untuk mengambil tindakan pencegahan agar semua orang tetap aman. Dr. Mandal menyarankan untuk mengirimkan undangan dengan pedoman menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan; menjaga agar pembersih tangan selalu tersedia untuk para tamu; dan menyajikan makanan dan minuman kemasan sebagai pengganti botol bersama dan piring saji.

Sediakan furnitur luar ruangan untuk mempromosikan jarak sosial, tambahnya, miliki lubang api atau pemanas luar ruangan untuk menghangatkan tamu, dan hindari berteriak atau bernyanyi,” kata Dr. Mandal.

Mandal juga mengatakan untuk menghindari mengundang siapa pun yang harus bepergian, dan sebagai gantinya memberikan undangan virtual. Ini berlaku ganda untuk siapa saja yang bepergian dengan angkutan umum, kata Dr. Harry, daripada dengan mobil - yang berisiko pada Malam Tahun Baru karena potensi kecelakaan mengemudi dalam keadaan mabuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro