Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Efektif Menjaga Kesehatan Jantung

Pola hidup yang dijalani masyarakat modern tanpa disadari membahayakan kesehatan jantung. Berikut 5 tips efektif menjaga kesehatan jantung.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  19:07 WIB
Olah raga untuk kesehatan. - Istimewa
Olah raga untuk kesehatan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung merupakan organ terpenting yang ada di tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran sekepalan tangan, jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Pola hidup yang dijalani masyarakat modern tanpa disadari membahayakan kesehatan jantung. Gara-gara abai terhadap pola hidup sehat, jantung bisa tak berfungsi secara maksimal yang kemudian menjadi penyakit hingga menyebabkan kematian.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Senin (21/12/2020), berikut 5 tips efektif menjaga kesehatan jantung.

1. Olahraga Teratur
Berolahraga secara teratur yang membuat seluruh anggota badan Anda bergerak akan membantu jantung untuk tetap sehat. Anda bisa melakukan gerakan ringan, seperti senam ataupun jalan kaki.

Olahraga yang rutin akan membantu Anda dalam mengendalikan berat badan yang akan berefek pada kesehatan jantung.

2. Stop Merokok
Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru yang akan berimbas pada kurangnya suplai udara segar yang mengandung oksigen untuk disebarkan keseluruh tubuh.

3. Manfaat Teh Hijau
Teh hijau dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Mengganti minuman favorit Anda menjadi teh hijau, bisa menjadi pilihan. Meminum dua cangkir teh hijau setiap hari tanpa menggunakan gula akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Relaksasi Tubuh
Hentikan sejenak rutinitas dan kondisikan tubuh Anda untuk rileks. Anda dapat melakukan olahraga seperti yoga maupun meditasi untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Jangan Lupa Istirahat
Usahakanlah untuk memiliki tidur yang berkualitas. Tidur yang baik untuk tubuh manusia adalah delapan jam secara penuh dalam satu harinya.

Banyak penelitian yang menyebutkan kekurangan tidur pada malam hari akan mengakibatkan kerusakan pada jantung. Dengan memiliki tidur yang berkualitas tentu akan meminimalisir terjadinya resiko serangan jantung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan jantung penyakit jantung
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top